student-star
Student Star
STUDENT STAR Rabu, 07/02/2018 10:30 WIB

Pesan Bella untuk Perempuan yang Ingin Masuk Jurusan Teknik

Pesan Bella untuk Perempuan yang Ingin Masuk Jurusan Teknik Bella Wijdani Sakina, mahasiswi berprestasi dari UPN Veteran Yogyakara. (UGC CNN Student/Wike Wijayanti)
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Selama ini jurusan teknik identik dengan laki-laki karena tugas kuliah berat, selalu dikejar deadline, dan mata kuliah yang tidak bisa sembarangan dikerjakan. Namun anggapan tersebut tidak berlaku bagi Bella Wijdani Sakina, lulusan Jurusan Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta yang diwisuda, baru-baru ini.

Bagi Bella, berkuliah di jurusan teknik sangatlah menantang dan menyenangkan. Menjadi salah satu dari 6 perempuan di kelasnya yang didominasi laki–laki menjadi tantangan tersendiri. Ditemui di sela acara wisuda, Bella yang sejak SMA bercita-cita melanjutkan kuliah di Jurusan Geologi UPNVY ini menceritakan suka dan dukanya menjadi mahasiswa teknik.

“Seru banget pas kuliah, kalau praktek ke lapangan bareng. Di teknik itu seperti punya keluarga baru, saling mengenal satu lainnya. Ikatan kami sangat kuat, “ katanya.

Meskipun menjadi minoritas di kelas dan jurusan, menurut Bella dirinya dan mahasiswi lainnya tidak pernah mendapatkan diskriminasi maupun prioritas. Jika ada yang lambat siapapun itu pasti akan ditinggal karena di jurusan ini membutuhkan kedisplinan.

Bella yang lahir di Pekalongan, 11 November 1995 mengatakan berkuliah di jurusan teknik berarti harus siap fisik dan mental, karena banyak tugas lapangan. “Dukanya pasti capek. Saya kadang ngiri kalau lihat mahasiswi dari jurusan lain bisa cantik-cantik. Kami di sini kena sinar matahari terus,” katanya.

Komitmen Bella berkuliah di Jurusan Geologi dibuktikan dengan nilai IPK 3,53 dan lama studi 4 tahun 3 bulan. Selain itu Bella juga berprestasi selama selama berkuliah. Tercatat, dirinya pernah menjadi penulis pada Prosiding International on Earth Sciene and Technologi 2017 di Kyushu, Jepang, Prosiding 2nd South Asia Geosciences Student Conference Tahun 2016 di UGM, Prosiding Seminar Nasional Kebumian XII Tahun 2017 dan Prosiding Seminar Nasional Kebumian.

Bella juga pernah sebagai juara The Best Poster pada Jogja Earthquake in ReflectionPoster Competition 2016, The Best Poster pada  Seminar Nasional Kebumian XII Tahun 2017 FTM UPNVY dan  Juara III Kompetisi Paper Geology Student Competition ITB Tahun 2016.

Atas prestasinya tersebut Bella bersama 9 wisudawan lainnya berhak menerima penghargaan Karya Cendekia dari UPNVY. Karya Cendekia diberikan kepada mahasiswa yang tidak hanya memiliki prestasi akademis dan lulus dalam waktu singkat, namun juga berprestasi di berbagai ajang kejuaran ilmuah dan non ilmiah, aktif di kegiatan organisasi maupun sosial.

Menghadapi penerimaan mahasiswa baru tahun 2018 ini, Bella berpesan agar para siswa yang mendaftar untuk menyiapkan fisik dan mental, serta rajin belajar.

“Bagi teman-teman yang cewek yang ingin kuliah di jurusan teknik harus siap mental. Tidak hanya pengen keren saja, tapi harus siap fisik karena banyak kuliah lapangan,“ katanya. (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait