student-star
Student Star
STUDENT STAR Kamis, 10/08/2017 11:31 WIB

Faiz, Mahasiswa Kedokteran Termuda di Universitas Airlangga

Faiz, Mahasiswa Kedokteran Termuda di Universitas Airlangga Muhammad Faiz Awwaludin Almubarok, Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya tahun ajaran 2017.(dok Humas Unair)
Surabaya, CNN Indonesia -- Siapa mahasiswa baru termuda di kampusmu? Kalau di Universitas Airlangga Surabaya, mahasiswa termuda adalah Muhammad Faiz Awwaludin Almubarok. Usianya baru 15 tahun. Faiz, begitu dia akrab dipanggil, lahir pada 11 Desember 2001 lalu.

Faiz diterima di jurusan pendidikan dokter Fakultas Kedokteran melalui jalur Program Beasiswa Santri Berprestasi. Dia bisa jadi mahasiswa semuda itu berkat jalur akselerasi di SMP.

“Meski saat SMP saya jalani dengan akselerasi, di SMA justru saya tempuh selama 3 tahun, agar tidak terpaut jauh dengan teman yang lain saat kuliah,” katanya, seperti dikutip dari Dikti.go.id. “Saya maupun orang tua tidak pernah menargetkan agar menjadi mahasiswa termuda”

Kolektor uang lama ini juga bertekad menjalani kuliah sambil nyantri di Pesantren Mahasiswa Baitul Hikmah, tak jauh dari kampus B Universitas Airlangga. Dia mengaku termotivasi dari orangtua dan keinginannya belajar agama lebih dalam.

“Ayah saya ini tokoh agama di masyarakat masak anaknya tidak bisa menirukan beliau, selain itu saya juga ingin mendalami ilmu agama,” ujar Faiz.

Perihal cita-citanya menjadi dokter, Faiz berkisah bahwa hal itu sudah ia miliki sejak kecil. Selain itu, pengalaman operasi yang pernah ia jalani juga menambah rasa kagumnya pada profesi di dunia kedokteran. “Saya merasa melihat dokter kok keren,” katanya.

Sang ayah, M. Irhamni, mengatakan bahwa selama ini ia tidak pernah memaksakan kehendak putranya. Irhamni menuturkan bahwa sebagai orang tua ia selalu memotivasi dan memberikan pendidikan yang terbaik.

“Kami sadar bahwa semua ini yang menjalani putra kami, kami hanya memotivasi. Mengenai tinggal di pesantren kami hanya mengarahkan dan alhamdulillah anaknya juga punya tekad untuk mendalami ilmu agama lebih dalam lagi,” katanya. (ded/ded)
star Terpopuler