student-star
Student Star
STUDENT STAR Selasa, 16/05/2017 11:06 WIB

Rahasia Jago Fisika Ala Gerry

Rahasia Jago Fisika Ala Gerry Gerry Windiarto Mohamad Dunda, Siswa SMAN M.H. Thamrin Jakarta, peraih medali emas di Asian Physics Olympiad di Yakutsk, Rusia, pada 1-9 Mei 2017 lalu. (CNN Indonesia/Deddy S)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepintas dia terlihat pemalu. Tapi Gerry Windiarto Mohamad Dunda terbukti seorang pekerja keras. Dia pelajar yang banyak menghabiskan waktunya untuk belajar dan mengejar prestasi.  

Sosok yang baru saja lulus dari SMAN MH Thamrin Jakarta ini baru saja pulang dari Yakutsk, Rusia, dengan memboyong medali emas olimpiade fisika. Dia adalah anggota tim olimpiade fisika Indonesia yang diutus ke Asian Physics Olympiad (APhO) ke-18 di Yakutsk, Rusia, pada 1-9 Mei.

Apa rahasia keberhasilannya? “Rahasia saya adalah, kalau menyelidiki satu soal dan belum ketemu jawabannya, bersabar dan terus berjuang sampai ketemu jawabannya. Caranya, terus berpikir dan berkreativitas. Cari titik di mana kita temukan jawaban. Jangan menyerah, tanya guru, cari sumber di Internet,” katanya pada CNN Student, di perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (15/5).

Gerry juga pelajar yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan belajar. Dia belajar di sekolah dan di rumah dari jam 08.00 sampai 17.00. Kemudian pada pagi harinya, pukul 05.00 sampai 07.00 dia kembali belajar. “Saya tidak mau belajar sampai larut malam, lebih baik pagi hari, karena kualitas otak pada malam hari tak sebagus pagi-pagi,” ujar dia.

Lalu kapan urusan pribadi selaku anak muda? Gerry tersenyum. Menurutnya, urusan pribadinya tak terlalu banyak. Bahkan, makan pun dia lakukan sambil belajar. Kalau menghadapi lomba, intensitasnya malah ditingkatkan lagi.  

Meski begitu, bukan berarti dia tak mencoba mengikuti aktivitas lain. Dia pernah bergabung di tim marching band di sekolah. Tapi saat pembinanya keluar, dia pun ikut keluar.

Gerry bukan kali ini saja mengikuti olimpiade. Tahun lalu dia juga ikut tim olimpiade fisika ke Hong Kong. Saat duduk di bangku SMP, dia juga pernah meraih perak dalam kompetisi sains internasional di India.

Dia berencana melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi di Singapura. Sedikit lagi dia bergabung ke Nanyang Technology University dan ingin mengambil jurusan teknik elektronika. Tapi dia sebetulnya lebih ingin kuliah di National University of Singapore (NUS) dan mengincar juruan teknik kimia.

Dia berharap bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah di negeri itu. “Target saya memang kalau bisa kuliah segratis mungkin di tempat sebagus mungkin.”

Lantas apa cita-citanya? Rupanya Gerry belum memikirkan. “Belum kepikiran mau jadi apa,” tuturnya berterus terang, sambil tersenyum malu.

(ded/ded)
star Terpopuler