keluarga
Keluarga
KELUARGA Jumat, 12/01/2018 14:34 WIB

Buah Lerak, Si Buah Banyak Manfaat

Buah Lerak, Si Buah Banyak Manfaat Buah lerak. (Foto: screenshot umiarsih.wordpress.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak banyak generasi yang lahir sesudah dekade 80 mengenal lerak. Buah dari tumbuhan yang juga dikenal dengan nama klerek atau rerek ini pada masanya adalah sabun alami yang dimanfaatkan oleh nenek moyang untuk mencuci pakaian, bahan-bahan dari kuningan, tembaga, bahkan emas.

Biji lerak sendiri mengandung saponin, suatu alkaloid beracun, yang dapat menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci. Lerak yang sudah diolah menjadi sabun lerak, dapat digunakan untuk membersihkan pakaian, piring dan bahkan untuk membersihkan lantai.

Biasanya detergen digunakan untuk membersihkan  pakaian. Tapi detergen memiliki dampak yang kurang baik bagi kulit kita. Jika terlalu sering terkena detergen, kulit akan mengalami gatal-gatal dan iritasi serta bintil-bintil isi air seperti kutu air pada permukaan kulit.

Ada baiknya menggunakan sabun dari biji buah lerak untuk mencuci pakaian agar tangan kita terhindar dari iritasi kulit dan gatal-gatal.

Biasanya sabun dari lerak digunakan untuk mencuci kain batik, sebab sabun dari lerak dianggap sebagai bahan pencuci paling sesuai untuk menjaga kualitas atau warna pada kain batik. Saponin inilah yang dapat berfungsi sebagai bahan pencuci, dan dapat juga dimanfaatkan sebagai pembersih berbagai peralatan dapur, lantai bahkan memandikan dan membersihkan binatang peliharaan.

Nah ini nih salah satu pemanfaatan buah lerak yang sekiranya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu kulit buah lerak dapat digunakan untuk mengurangi jerawat pada wajah dan kudis.

Buah lerak relatif mudah didapatkan, biasanya dijual si pasar-pasar tradisional. Saat ini di pasaran telah tersedia juga produk lerak cair dalam kemasan yang lebih praktis sehingga bisa langsung dipakai.

Tidak hanya itu, nyatanya buah lerak juga bisa memperindah rambut, lho. Selain lidah buaya dan masker santan kelapa, buah lerak juga bermanfaat memperindah rambut dengan cara membuat krim buah lerak, lalu aplikasikan pada kulit kepala setiap dua minggu sekali. Selain mengatasi rambut, buah lerak juga dapat mencegah rambut yang gatal.

Kandungan racun pada biji lerak juga berpotensi sebagai insektisida. Ekstrak lerak berpotensi untuk digunakan sebagai salah satu alternatif pengendalian hama kubis Crocidolomia pavonana. (ded/ded)
star Terpopuler