keluarga
Keluarga
KELUARGA Senin, 05/02/2018 16:31 WIB

Perawatan Kulit dan Kosmetik Dasar yang Wajib Diketahui

Perawatan Kulit dan Kosmetik Dasar yang Wajib Diketahui Ilustrasi (Foto: Thinkstock/MikeLaptev)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wajah merupakan bagian tubuh yang paling utama dalam membutuhkan perawatan terutama bagi kaum wanita. Wajah menjadi kesan pertama bagi siapa saja yang melihatnya. Wajah yang bersih, sehat dan terawat akan terlihat lebih menarik saat berkomunikasi dengan setiap orang.

Sebaliknya, wajah yang kusam dan tidak terawat membuat kita kurang dilihat dan mungkin mendapat kesan yang buruk jika kita sedang melakukan komunikasi. Penggunaan perawatan kulit terutama pada wajah dan kosmetik menjadi cara yang ampuh bagi setiap wanita untuk menampilkan wajah yang bersih, sehat dan bersinar.

Masalah-masalah yang biasa timbul pada wajah setiap kaum wanita adalah seperti jerawat, kulit kusam, noda hitam, wajah berminyak, komedo, dan sejenisnya. Masalah pada wajah tersebut bisa timbul dari kebiasaan yang tidak baik seperti jenis makanan yang di konsumsi, banyak aktivitas outdoor, serta gaya hidup.

Berikut kebiasaan tidak baik yang dapat menimbulkan masalah pada wajah:

1. Jarang membersihkan wajah
Terkadang kita merasa lelah dan tidak membersihkan wajah, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kulit wajah. Sempatkan diri untuk membersihkan wajah karena sangat penting apalagi setelah kita melakukan aktivitas seharian. Kotoran seperti debu dan polusi dapat menempel pada permukaan wajah tanpa kita sadari. Maka dari itu diwajibkan untuk membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari menggunakan sabun pencuci wajah.

2. Terpapar sinar matahari berlebihan
Sulitnya menjaga kulit wajah yang terpapar sinar matahari apalagi bagi kaum wanita yang beraktivitas di outdoor. Sebaiknya jika kita ingin beraktivitas di outdoor disarankan untuk memakai sunblock atau sunscreen untuk menjaga kulit terpapar langsung oleh sinar matahari yang akan menimbulkan flek hitam.

3. Menggunakan perawatan kulit atau kosmetik yang salah
Membeli produk perawatan kulit atau kosmetik secara asal-asalan atau membeli berdasarkan merk tanpa melihat kandungan di dalamnya bisa berdampak fatal. Perlu diperhatikan kandungan dalam skin care maupun kosmetik serta disesuaikan dengan kebutuhan kulit agar tidak timbul efek samping dan menyebabkan masalah pada kulit wajah.

4. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
Makanan yang mengandung minyak berlebih seperti goreng-gorengan banyak dikonsumsi setiap orang. Hal tersebut dapat berpengaruh pada wajah kita, selain itu makanan yang mengandung lemak seperti kacang dapat menimbulkan jerawat serta memicu meningkatnya lemak pada wajah.

Pertama, sebelum teman-teman sekalian memutuskan untuk membeli dan memakai perawatan kulit maupun kosmetik, sangat disarankan untuk kalian harus mengetahui jenis kulit kalian terlebih dulu. Kebanyakan faktor yang berperan dalam untuk jenis kulit yang kita miliki adalah genetik, yang artinya tidak bisa kita hindarkan, memang ada faktor-faktor yang lain juga seperti stress, diet, cuaca, umur, lifestyle, polusi dan sebagainya. Tapi dengan menggunakan perawatan kulit yang baik, perlahan-lahan tetapi pasti masalah itu bisa kita hadapi.

Ada 5 jenis kulit yang harus kita pahami:
1. Tipe kulit normal
2. Tipe kulit kering
3. Tipe kulit berminyak
4. Tipe kulit kombinasi
5. Tipe kulit sensitif

Bagaimana cara kita tahu jenis kulit kita? Masing-masing dari 5 kulit ini memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, yang harus kalian lakukan adalah bangun pagi, lihatlah wajah di cermin dan teliti.

Produk kosmetik dan perawatan kulit tidak bisa lepas dari wanita dan sangat berguna bagi wanita untuk mempercantik diri. Tidak heran jika banyak wanita yang melakukan investasi pada produk-produk kecantikan berkualitas untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, setiap wanita perlu mengetahui kosmetik dan perawatan kulit dasar seperti apa yang diperlukan.

Pembersih wajah
Ketika kamu hendak merawat kulit awali dengan menggunakan facial cleanser atau facial foam, yang membantu membersihkan wajah dari kotoran. Untuk menghapus bekas-bekas makeup pada wajah, gunakan makeup remover kemudian lanjutkan dengan menggunakan sabun pembersih yang sesuai jenis kulit kamu untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang masih menempel pada kulit wajah.

Moisturizer
Pelembab wajah dan tubuh merupakan dua hal terpenting dalam melakukan perawatan kulit setiap harinya. Karena akan membantu melembabkan dan menutrisi serta mencegah kulit dari kekeringan. Untuk memilih pelembab wajah, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Exfoliator
Untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit, kamu membutuhkan exfoliator. Gunakan mild exfoliator sekali dalam satu atau dua minggu, jika kamu ingin terlihat cantik dan segar. Setelah itu, gunakan moisturizer agar kulit tetep terhidrasi.

Sunscreen
Jarang para wanita rutin memakai sunscreen, padahal produk ini merupakan hal terpenting khususnya bagi kita yang sering beraktivitas seharian dan terpapar sinar matahari. Sunscreen membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Selain itu menghindari kulit terbakar sinar matahari serta meminimalisir noda hitam yang sering muncul pada kulit. Sunscreen sangat memberi efek dalam kurun waktu yang lama, jadi pemakaian pun harus rutin.

Foundation atau BB Cream
Bagi wanita yang memiliki banyak noda, bekas jerawat, maupun tanda-tanda penuaan kulit lainnya sangat membutuhkan makeup base. Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan makeup base seperti foundation, BB Cream, atau CC Cream. Jika ingin produk yang simpel dan tidak ribet, kamu bisa menggunakan BB Cream atau CC Cream. Karena kedua produk inovatif ini merupakan gabungan dari foundation, pelembab, sunscreen, anti-aging agents yang dikemas dalam satu produk. Pilih produk ini dengan tepat yang sesuai dengan jenis kulitmu dan gunakan BB Cream dengan benar pada wajah agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Eye Cream
Bagian wajah lainnya yang membutuhkan perawatan seperti misalnya mata. Mata juga memiliki kosmetik khusus untuk merawatnya, yakni menggunakan eye cream. Kosmetik ini digunakan untuk memberikan kesan bagian mata yang sehat dan tidak mengalami masalah seperti kerutan, lingkaran yang terlalu hitam, dan menjaga mata agar tampak lebih indah dan segar.

Lipbalm, Lipstick atau Lipgloss
Untuk memberi kesan ‘segar’ pada wajah produk ini tidak boleh dilewati. Lipbalm sebaiknya digunakan sebelum kalian memakai lipstick, terutama untuk kalian penggemar lipstik matte, agar kulit bibir tetap lembut dan tidak pecah-pecah.

Makeup Remover
Ada beberapa jenis makeup remover dengan berbagai kegunaannya. Makeup remover wajib kamu miliki. Sebab menghapus makeup sangat penting agar kulitmu dapat bernafas setiap malam hari. Makeup sering kali menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori kulit, timbulnya jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

Rawatlah kulit kamu setiap hari dengan produk perawatan kulit yang berkualitas untuk investasi masa depan. Semoga Membantu!

“ In a polite society, a well maintained skincare routine is one of life’s great successes “ – Violet Grey. (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait