keluarga
Keluarga
KELUARGA Senin, 12/02/2018 15:17 WIB

Ini Perbedaan Eyelash Extension dan Lash Lifting

Ini Perbedaan Eyelash Extension dan Lash Lifting Ilustrasi bulu mata (Foto: Thinkstock/Marigo20)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wanita mana yang tak ingin terlihat cantik dengan mempunyai bulu mata yang panjang, lentik dan tebal? Dengan adanya istilah “Bulu mata baday”, wanita-wanita seolah mulai berlomba-lomba melakukan banyak hal dan ada juga yang mengeluarkan uang hanya untuk mempercantik keindahan mata mereka dengan membuat bulu mata mereka terlihat indah dan dramatis.

Menggunakan maskara dan menjepit bulu mata sudah merupakan tren dari lama yang digunakan wanita untuk membantu memperindah bulu mata mereka. Namun, sekarang penggunaan dua hal tersebut dinilai sudah tidak praktis lagi.

Penjepitan bulu mata dan penggunaan maskara yang berlebihan dan terlalu sering pun juga tidak baik untuk bulu mata dikarenakan dapat membuat bulu mata rontok. Selain itu, penggunaan bulu mata palsu juga merupakan pilihan lain yang digunakan kaum wanita untuk membuat bulu mata mereka terlihat cantik.

Terdapat berbagai jenis bulu mata palsu yang tersedia tergantung ketebalan dan panjang yang diinginkan, ada yang untuk terlihat natural ada juga yang untuk terlihat dramatis. Tetapi, penggunaan bulu mata palsu pun juga dinilai kurang praktis karena harus dipasang sendiri dan dilepas jika sudah selesai digunakan.

Dalam memakai bulu mata palsu pun juga berisiko terhadap mata jika produk yang digunakan tidak cocok dan penyimpanannya kurang cermat. Tak heran, jika banyak wanita yang beralih ke tren bulu mata lainnya yang lebih update dan tentu lebih praktis, seperti eyelash extension dan lash lifting.

Tetapi, sebenarnya kamu tahu nggak sih apa perbedaan kedua istilah tersebut?

1. Eyelash Extension
Tren eyelash extension mulai digandrungi oleh kaum wanita sejak bertahun-tahun lalu dan hingga sekarang tren ini makin hits di kalangan wanita. Eyelash extension merupakan tren yang digunakan untuk membuat bulu mata terlihat lebih panjang, lentik dan tebal dengan cara menggunakan metode extension atau menyambung. Caranya dengan menempelkan bulu mata sintetis satu per satu di sekitar bulu mata asli dengan menggunakan lem khusus.

Hampir sama dengan bulu mata palsu, bulu mata yang disediakan untuk eyelash extension juga terdapat berbagai jenis tergantung panjang dan ketebalan yang kamu inginkan. Pengerjaan untuk memasang bulu mata extension memakan waktu kurang lebih 1,5 hingga 2 jam tergantung tingkat kesulitan, model bulu mata yang diinginkan dan juga dikarenakan bulu mata dipasang satu per satu guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika menggunakan eyelash extension, harus memperhatikan aturan yang berlaku supaya eyelash extension yang digunakan tidak gampang rusak dan rontok, di antaranya dengan tidak menjepit bulu mata, menggunakan produk mata yang waterproof ataupun berbahan dasar minyak, tidak mengucek mata sembarangan dan harus berhati-hati jika mencuci muka atau melakukan hal lain.

Adapun perawatan ekstra yang harus dilakukan yaitu biasanya setelah melakukan proses pemasangan eyelash extension, kamu akan disarankan untuk menggunakan serum khusus untuk bulu mata extension yang harus diaplikasikan sesuai jadwal yang sudah diberikan. Selain itu, bulu mata extension biasanya hanya bertahan kurang lebih 1 bulan karena setelah itu bulu mata akan mulai rontok dan kamu harus melakukan retouch terhadap bulu mata extension yang sudah rontok.

2. Lash Lifting
Tren bulu mata lainnya adalah lash lifting yang sebenernya lebih mulai terkenal di negara Amerika dan Jerman. Di Indonesia sendiri, tren lash lifting baru-baru ini mulai digemari oleh kaum wanita di luar sana selain sebelumnya sudah ada eyelash extension. Sesuai namanya, lash lift atau lash lifting merupakan teknik pengangkatan bulu mata.

Berbeda dengan eyelash extension yang menggunakan bulu mata sintetis untuk ditempelkan, lash lifting hanya memafaatkan bulu mata asli yang diolesi dengan kandungan keratin dalam proses pengerjaannya. Pertama, bulu mata akan dibersihkan terlebih dahulu dan di bagian kelopak mata akan ditempelkan semacam silicon pads yang menggelembung.

Lalu, bulu mata akan disisir ke atas hingga menempel ke bagian silicon pads. Setelah itu, mulailah bulu mata bagian atas kamu diolesi lotion khusus berbahan dasar keratin secara merata guna membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan panjang.

Jika kamu menginginkan bulu mata yang lebih hitam, ada namanya proses eyelash tinting yaitu di mana setelah diolesi keratin, bulu mata kamu akan diolesi cairan tambahan yang membuat warna bulu mata kamu terlihat lebih pigmented. Setelah itu barulah bulu mata akan di diamkan selama 40 menit hingga 2 jam sebelum silicon pads diangkat.

Setelah silicon pads diangkat, kamu bisa mengucapkan selamat datang kepada bulu mata natural yang panjang dan lentik yang telah kamu idamkan. Sayangnya teknik lash lifting ini akan lebih terlihat hasilnya pada kamu yang mempunyai bulu mata yang sudah panjang dan tebal. Jika kamu memiliki bulu mata yang tipis dan pendek, mungkin akan kurang terlihat hasilnya.

Bulu mata hasil lash lifting akan bertahan kira-kira 8 hingga 12 minggu lamanya, lebih awet daripada jika kamu menggunakan eyelash extension. Perawatan setelah kamu melakukan lash lifting juga lebih mudah, dan kamu juga masih bisa menggunakan maskara untuk bulu mata kamu.

Nah, setelah tau perbedaan teknik eyelash extension dan lash lifting tersebut, kamu lebih tertarik untuk mencoba teknik yang mana nih untuk membuat bulu mata kamu terlihat baday? Sebenarnya, tidak ada yang lebih baik maupun jelek dari kedua teknik bulu mata ini asal kamu melakukannya di tempat yang sudah terpercaya dan yang paling penting tergantung gimana cara kamu merawat dengan cermat bulu mata kamu sesuai aturannya. So, girls! Ready to say bye to mascara and fake lashes? (ded/ded)
star Terpopuler