keluarga
Keluarga
KELUARGA Jumat, 12/01/2018 10:40 WIB

Melatih Kebiasaan Menabung dan Manfaatnya Bagimu

Melatih Kebiasaan Menabung dan Manfaatnya Bagimu Ilustrasi menabung (Foto: morgueFile/mconnors)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masih ingatkah kalian dengan peribahasa “Hemat Pangkal Kaya”? Pastinya kalian ingat karena peribahasa ini sering dipakai dan diajarkan oleh orang tua dan guru. Peribahasa itu seharusnya juga sudah melekat pada diri kita.

Peribahasa yang berarti hemat itu, bukan berarti kita pelit. Tetapi hemat dalam arti kata di sini adalah mengajarkan agar kita menabung, sebab semakin banyak kita menabung akan semakin banyak juga uang yang kita dapat.

Tapi, perilaku menabung belum meluas di kalangan remaja dan pemuda. Menurut riset, sebanyak 38,1 persen dari 105 responden anak muda umur 16-20 tahun mengungkapkan kalau mereka merupakan tipe orang yang tidak suka menabung. Mereka tipe orang yang kalau ingin membeli barang meminta uang kepada orang tua.

Menabung sebenarnya tidak susah. Kita dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan kita.

Tapi memang ada beberapa faktor juga yang membuat anak remaja pada masa sekarang melupakan pentingnya kebiasaan menabung. Meski begitu, kamu perlu tahu apa saja manfaat yang kita dapatkan kalau menabung:

Pertama, menjadi pribadi yang lebih mandiri
Dengan kita membiasakan menabung sedini mungkin secara tidak langsung itu melatih diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih membiasakan sesuatu hal itu lebih baik dilakukan dengan diri sendiri dulu baru meminta bantuan kepada orang lain. Jadi kalian tidak tergantung kalau tidak ada uang harus meminta kepada orang tua.

Kedua, banyak uang di saat liburan
Pasti kalian suka bingung kan saat liburan duit habis? Nah kalau kalian terbiasa dengan menabung kalian akan merasakan keuntungannya pada saat liburan. Uang yang kalian kumpulkan bisa membiayai liburanmu.
 
Ketiga, tidak berhutang
Kalau kalian membiasakan diri untuk menabung kalian juga tidak akan membiasakan diri untuk berhutang. Kalian bisa memakai uang yang kalian sudah kumpulkan untuk membeli sesuatu yang sangat penting tanpa harus berutang.

Keempat, melatih mengelola keuangan
Ini penting bagi kalian yang sudah melewati umur keemasan yaitu 17 tahun. Bagi kalian yang sudah melewati umur ini berarti kalian sudah mau habis fase di remaja kalian akan masuk di fase di mana kalian akan menjadi dewasa. Kalian seharusnya sudah bisa melatih mengelola keuangan karena semakin dewasa kalian semakin banyak pengeluaran. Jangan sampai duit kalian habis di tengah bulan.

Masih banyak keuntungan lainnya yang kalian rasakan setelah kalian membiasakan diri untuk menabung di kehidupan kalian sehari-hari. Intinya kalau kalian ingin menabung itu ada niat dan usaha. Walaupun nilai uang yang ditabung kecil tapi kalau dikumpulin akan jadi banyak. Biasakan menabung sejak sekarang untuk merasakan keuntungannya di kemudian hari. (ded/ded)
star Terpopuler