keluarga
Keluarga
KELUARGA Rabu, 10/01/2018 16:24 WIB

Manfaat Renang Menghilangkan Stres

Manfaat Renang Menghilangkan Stres Ilustrasi berenang. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernah tidak kalian merasa lebih emosional, susah fokus, agresif atau sampai bersikap defensif yang bisa mengundang resiko berbahaya? Itu tanda kamu sudah mengalami gejala stres.

Stres sendiri merupakan bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stres dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

Kebanyakan remaja di zaman sekarang pasti biasanya akan menguranginya dengan cara shopping, jalan-jalan, makan, bahkan ada juga yang tidur seharian dan malas untuk melakukan aktivitas. Akibatnya tugas makin menumpuk dan membuat makin tidak produktif.

Ternyata ada cara yang asyik dan bermanfaat untuk mengurangi stres tersebut, bahkan bisa juga buat badan kalian jadi tambah sehat!
Cobalah berenang atau sekadar bermain air di kolam renang. Atau kalian bisa coba pergi ke waterpark yang dekat dengan rumah, sekolah, kampus, pergi bareng orang-orang terdekat kalian. Karena ketika kalian renang akan membuat pikiran lebih tenang dan juga memberikan efek relaksasi bagi tubuh.

Renang juga dapat menghasilkan hormon endorphin yang dihasilkan tubuh. Hormon ini merupakan hormon yang diproduksi ketika kalian merasa bahagia atau ketika sedang tertawa.

Seorang peneliti dari Australia juga mengatakan bahwa berenang juga dapat meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lancar akan memberikan banyak nutrisi pada otak. Jika otak sehat, maka gangguan mental seperti stres tidak akan terjadi, seperti yang dilaporkan oleh Lifehacker. (ded/ded)
star Terpopuler