keluarga
Keluarga
KELUARGA Rabu, 31/05/2017 09:47 WIB

Manfaat Daun Stevia Bagi Tubuhmu

Manfaat Daun Stevia Bagi Tubuhmu Daun stevia (Stevia rebaudiana). (commons.wikimedia/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daun stevia adalah daun yang penampakannya mirip dengan daun mint namun bagian pinggir daunnya tidak setajam daun mint. Tanaman ini masih satu kerabat dengan bunga matahari lho.

Berbeda dengan jenis daun lainnya, daun stevia memiliki rasa yang manis. Itulah mengapa jika daun ini sering dijadikan sebagai pengganti gula biasa. Rahasia kemanisan stevia terletak pada molekul kompleksnya yang disebut steviosida yang merupakan glikosida disusun dari glukosa, sophorose dan steviol.

Bahkan stevia memiliki tingkat kemanisan gula sekitar 200-300 kali (kadang 500 kali) tingkat kemanisan sukrosa (gula tebu) yang kadang memiliki aftertaste pahit. Selain itu, kandungan kalori pada gula stevia boleh dibilang nol, maka dari itu penggunaan gula ini cocok bagi para penderita diabetes atau yang sedang diet.

Selain itu, berikut beberapa manfaat dan khasiat lain dari daun stevia.

1. Mencegah diabetes
Khasiat daun ini dapat kamu gunakan sebagai bahan alami gula yang tidak akan menambah tingkat gula di dalam darahmu sehingga diabetes dapat dicegah. Bahkan para peneliti menemukan bahwa ia dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi glukosa darah pasca-makan dan menunda perkembangan resistensi insulin.

2. Anti kanker
Daun ini mengandung senyawa anti kanker yang alami dan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang mengganggu.

3. Menangkal efek radikal bebas
Senyawa alami yang dikandung oleh daun ini ampuh untuk mengatasi efek negatif yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas ke tubuhmu.

4. Anti hipertensi
Daun stevia mengandung banyak manfaat untuk tekanan darah sehingga tidak akan menimbulkan penyakit hipertensi.

5. Mencegah kegemukan
Daun stevia dapat menjadi bahan yang ampuh untuk mencegah kegemukan karena tidak mengandung banyak kalori untuk tubuhmu.

6. Menangkal racun
Kegunaan daun stevia untuk kesehatan tubuh dapat diandalkan untuk menangkal berbagai jenis racun yang mengendap di tubuhmu. Mulailah menggunakan daun ini agar tubuh kamu tidak terinfeksi racun.

7. Anti inflamasi
Manfaat daun stevia sebagai antiinflamasi yaitu mampu mencegah serta menyembuhkan radang di tubuh. Daun ini punya kandungan anti radang alami yang baik untuk membuat peradanganmu cepat sembuh.

8. Mencegah sariawan
Kandungan alami yang terdapat dalam daun stevia akan membuat kesehatan rongga mulut lebih terjaga dan tidak mudah mengalami sariawan.

9. Menyehatkan jantung
Daun ini akan menstabilkan detak jantung sehingga dapat membuatnya bekerja lebih maksimal di dalam tubuhmu.

Memang, daun stevia belum cukup poluler di masyarakat Indonesia. Padahal, di luar negeri, stevia biasa dipakai sebagai pemanis kue atau minuman. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari bubuk hingga cairan berasa aneka buah. (ded/ded)
star Terpopuler