keluarga
Keluarga
KELUARGA Kamis, 09/03/2017 10:56 WIB

Mau Jaga Penampilan? Jangan Makan Junk Food

Mau Jaga Penampilan? Jangan Makan Junk Food Ilustrasi (Foto: Pixabay/skeeze)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumsi junk food di kalangan remaja sangat tinggi, termasuk di kalangan remaja perempuan. Junk food yang mudah ditemukan dan lezat ini menjadi pilihan utama dalam memilih makanan baik dalam waktu senggang atau pun saat sedang terburu-buru.

Kalau kamu remaja perempuan yang mulai memperhatikan penampilan, baiknya ekstra hati-hati dengan makanan yang dikonsumsi karena dapat merusak penampilanmu. Junk food itu termasuk penyebab penuaan dini lho.

Kandungan yang paling banyak ditemukan pada junk food, di antaranya adalah karbohidrat olahan, lemak jenuh, garam, gula, dan zat aditif. Kalau kamu mengonsumsi gula, karbohidrat olahan dalam jumlah yang tinggi, akan membuat kandungan gula darahmu menjadi tinggi dan memicu terjadinya glikasi.

Glikasi mulai terjadi secara alami pada usia 30 tahun. Proses glikasi ini terjadi ketika molekul gula mengikat protein sehingga terbentuk AGEs yang memicu penuaan dini. Kolagen juga rentan mengalami kerusakan pada proses glikasi.

Keriput juga bisa dipicu karena paparan dari sinar matahari. Konsumsi gula dan lemak trans dapat menyebabkan insulin meningkat.

Meningkatnya insulin memicu terjadi imflasi. Imflasi dapat mengikis antioksidan dalam tubuh sehingga kulit rentan terhadap sinar matahari dan membuat wajahmu keriput.

Jadi, batasi konsumsi junk food sekarang juga dan beralihlah pada gaya hidup sehat. (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait