keluarga
Keluarga
KELUARGA Jumat, 23/09/2016 10:09 WIB

Inilah Tanda-Tanda Kamu Memasuki Masa Pubertas

Inilah Tanda-Tanda Kamu Memasuki Masa Pubertas Remaja dan aktivitasnya. (CNN Indonesia/Deddy S)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tubuh kalian mulai berubah, suasana hati sulit ditebak dan dijelaskan. Sebetulnya itu normal saja.

Anak perempuan akan melewati serangkaian perubahan. Perubahan yang terjadi akan berbeda dengan apa yang dialami anak laki-laki.

Semua perubahan ini merupakan hal yang alami, bagian dari perkembangan diri kamu menuju dewasa. Itulah yang disebut masa pubertas.

Masa pubertas ini akan berlangsung beberapa tahun dan menandai tahap kehidupan kamu ketika badanmu mulai berubah dari anak-anak menjadi seorang dewasa.

Hormon atau senyawa kimia di tubuhmu akan menghasilkan perubahan fisik dan kondisi emosional yang kadang tak terkendali. Perubahan ini umum terjadi saat pubertas dan terjadi pada semua orang.

Nah buat kamu anak perempuan, salah satu perubahan yang akan nampak kamu lihat adalah tumbuhnya payudara. Biasanya pada usia antara 8 dan 12 tahun.

Salah satu payudaramu mungkin akan tumbuh lebih besar dari yang satunya, tapi jangan khawatir. Seiring berjalan waktu semua akan berjalan dengan baik.

Sama seperti telinga kamu, mereka tak selalu sama. Ketika kamu sudah merasa perubahan ini terjadi padamu, kamu bisa meminta Ibumu membelikanmu bra.

Perubahan lainnya adalah tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuhmu. Rambut akan tumbuh di bawah lengan, kaki, dan juga pada area kemaluan.

Mencukur rambut pada ketiak maupun kaki itu persoalan pilihan. Beberapa wanita melakukannya, beberapa tidak. Itu pilihanmu.

Jika kamu memutuskan mencukurnya, pastikan kamu menggunakan pisau cukurmu sendiri. Jangan menggunakan pisau cukur secara bersamaan dengan orang lain. Dan gunakan krim atau sabun dan air untuk dijadikan pelumas saat mencukur.

Jika kamu ingin mencukurnya, kamu harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan orangtuamu.

Perubahan yang kurang terlihat adalah terjadinya pelebaran pinggul dan pinggang kamu yang akan lebih langsing. Perut dan kakimu mungkin akan lebih besar juga.

Semua perubahan ini akan membuatmu terlihat seperti wanita dewasa ketimbang seorang anak perempuan. Dan semua itu normal, sebuah perubahan yang memang diharapkan untuk terjadi.

Tanda lain dari masa puber ini juga akan terjadi pada wajahmu. Iya, wajah kamu mulai akan ditumbuhi jerawat. Kondisi ini memang menjengkelkan.

Jerawat memiliki berbagai jenis. Ada yang hanya berupa komedo dan whiteheads, ada juga yang memerah dengan nanah di dalamnya, dan yang parah adalah jerawat batu dengan ukuran besar dan meradang.

Makanan berminyak dan kotoran tidak menyebabkan jerawat. Yang membuat jerawat timbul adalah penumpukan minyak, mikroorganisme dan sel-sel kulit mati di folikel rambut di bawah kulit.

Ketika jerawat pecah, cairan yang keluar dapat memicu jerawat di sekitarnya. Maka kamu harus menjaga wajahmu tetap bersih untuk mencegah jerawat tumbuh di wajahmu.

Dan ingat, jangan pernah memencet jerawat. Ini justru akan membuat kondisi jerawatmu semakin parah dan kuman semakin masuk ke dalam jaringan kulit di wajahmu.

Kebanyakan kondisi kulit kamu ketika masa pubertas akan mirip dengan kondisi pubertas ketika orangtuamu remaja. Jika kamu memiliki kekhawatiran terhadap jerawat kamu bisa mengobrol pada orangtuamu atau bisa pula mengunjungi dokter kulit. Jerawat bisa diobati kok. (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait