keluarga
Keluarga
KELUARGA Selasa, 09/08/2016 08:52 WIB

Hubungan Alkohol dan Tujuh Kanker Berbahaya

Hubungan Alkohol dan Tujuh Kanker Berbahaya Ilustrasi (David Silverman/Getty Image)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penelitian baru menemukan hubungan alkohol dengan tujuh jenis kanker. Para peneliti dari University of Otago di Selandia Baru mengatakan alkohol memiliki hubungan yang kausal dengan kanker orofaring, laring, esofagus, hati, usus besar, rektum, dan payudara. Penelitian mengklaim hubungan antara alkohol dan kanker adalah kausal, yang berarti "langsung menyebabkan kanker".

Dibutuhkan penelitian selama 10 tahun dengan mengumpulkan data dari kelompok-kelompok seperti World Cancer Research Fund, American Institute for Cancer Research, dan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker.

Intinya, peminum berat sangat berisiko menderita kanker, tapi tidak menutupi kemungkinan bagi peminum ringan. Pada tahun 2012, di Amerika risiko meninggal akibat alkohol setara dengan 5,8 persen dari semua kematian yang terjadi.

"Kita tahu bahwa 9 dari 10 orang tidak menyadari hubungan antara alkohol dengan kanker,” tutur Jana Witt dari Cancer Research UK. "Dan jika anda berpikir minuman anggur bisa membantu penyakit jantung, studi baru menemukan tidak adanya hubungan minuman anggur (wine) bisa membantu penyakit jantung.” (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait