inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Jumat, 23/02/2018 21:06 WIB

Pulau Nyamuk di Karimunjawa, Pulau yang Menyimpan Misteri

Pulau Nyamuk di Karimunjawa, Pulau yang Menyimpan Misteri Foto: Wahyu Pradana Wahyono/d'Traveler
Jakarta, CNN Indonesia -- Karimunjawa menyimpan banyak rahasia, baik mengenai sejarah maupun keadaan di sana. Jika kamu pernah atau belum ke Karimunjawa maka kamu wajib untuk tahu apa saja yang ada di Karimunjawa dan misteri apa yang harus diungkap. Saya akan sedikit memberikan informasi mengenai misteri yang wajib kamu tahu tentang salah satu pulau di Karimunjawa.

Karimunjawa terdiri dari 22 pulau tak berpenghuni dan 5 berpenghuni. Yang perlu kita ketahui adalah pulau yang berpenghuni. Karena di sana ada  penduduk asli yang mendiami pulau tersebut. Pulau–pulau tersebut tentunya menyimpan banyak cerita.

Sering sekali banyak wisatawan yang datang ke Karimunjawa untuk sekadar berwisata dan sebagainya. Pulau yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah pulau Karimunjawa, Kemojan, Menjangan, Cemara dan Geleyang. Artinya masih banyak pulau yang belum tersentuh oleh wisatwan.

Pulau yang banyak menyimpan biota laut dan ikan hias hingga 242 ikan ini memang sudah dinobatkan menjadi Taman Wisata Nasional. Semenjak itulah wisatwan baik lokal maupun mancanegara berbondong–bondong mengunjungi Pulau Karimunjawa.

Semakin banyak media yang mengeksplorasi keindahan Karimunjawa maka secara otomatis jumlah wisatawan juga semakin meningkat. Oh iya kita kembali ke pembahasan mengenai pulau misterius yang ada di Karimunjawa, yaitu Pulau Nyamuk.

Pulau Nyamuk merupakan salah satu desa yang berada di wilayah kecamatan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Berdasarkan data statistik kecamatan Karimunjawa yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah yang didukung oleh data Monografi Desa, Desa Nyamuk memiliki kawasan keseluruhan berada pada 110010'44" - 110011'50" BT dan 5.48'39" LS.

Luas wialayah Pulau Nyamuk adalah 139 Ha berada pada dataran tinggi dan sumber air tawar yang baik sehingga menjadikan keadaan tanahnya memiliki kesuburan yang bagus.

Sejarah dan Misteri Pulau Nyamuk
Pulau Nyamuk pastinya memiliki sejarah baik secara nama maupun budaya. Sejarah ini pastinya ada beberapa versi. Versi masyarakat asli penghuni pulau Nyamuk dan
versi Mbah Google. Ada beberapa metode yang ingin kami sampaikan pada artikel ini mengenai sejarah nama pulau Nyamuk. Pertama, kami pernah survei langsung ke
masyarakat. Ada beberapa versi juga dari berbagai pihak masyarakat di sana, baik dari pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan beberapa orang yang
memang kami pilih secara random. dari situ kami mengambil kesimpulan bahwa kami belum menemukan pasti sejarah mengenai pulau Nyamuk.

Kami juga melakukan diskusi rutin yang kemudian masyarakat di sana menyampaikan bahwa mereka belum tahu pasti dikarenakan mereka adalah generasi ketiga yang sudah jauh dari generasi pertama. Ada beberapa orang yang menyampaikan namun data itu belum kuat. Salah satunya berkata bahwa sejarah nama pulau Nyamuk berasal dari bentuk pulau yang menyerupai hewan peminum darah yaitu nyamuk.

Nah itulah menjadi misteri salah satu pulau di Karimunjawa. Jika kamu ingin lebih tahu mengenai pulau Nyamuk maka silahkan kunjungi dan berwisata di sana karena masih banyak juga tempat–tempat wisata yang dapat kamu eksplorasi di Karimunjawa.  (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait