inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Selasa, 12/12/2017 13:26 WIB

Daftar Destinasi Wisata yang Menarik di Majalengka

Daftar Destinasi Wisata yang Menarik di Majalengka Paralayang di Bukit Munjul, Desa Munjul, Majalengka, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Hafizd Mukti)
Majalengka, CNN Indonesia -- Majalengka? Di mana? Jika belum tahu Majalengka, berikut ini sekilas tentang Majalengka.

Majalengka merupakan kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Jawa Barat. Nama Majalengka menurut Legenda adalah ucapan “Majane Langka” dari pasukan Cirebon serta Pangeran Muhammad dan Siti Armilah ketika tidak menemukan buah Maja, setelah Hutan Pohon Maja dihilangkan oleh Nyi Rambut Kasih, yang merupakan seorang Ratu Kerajaan Sindangkasih.

Majalengka berbatasan dengan Sumedang di bagian barat, di bagian timur berbatasan dengan Cirebon dan Kuningan. Di bagian utara berbatasan dengan Indramayu, bagian selatan berbatasan dengan Ciamis dan Tasikmalaya.

Secara topografi, Majalengka merupakan daerah yang berada di dataran rendah dan dataran tinggi. Meskipun wilayahnya relatif kecil, tapi Majalengka mempunyai tempat-tempat wisata yang bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang hendak liburan.

Untuk wisata di Majalengka, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi oleh wisatawan:

1. Curug Muara Jaya
Salah satu obyek wisata alam yang dimiliki Majalengka adalah Curug Muara Jaya. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun yang memiliki luas lahan mencapai 2 hektare ini, teman-teman harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari kota Majalengka. Sesampainya di sini, teman-teman akan disuguhi oleh pemandangan panorama alam khas air terjun yang memiliki tiga undak atau tiga tingkat. Curug Muara Jaya memiliki ketinggian hingga 73 meter, sehingga sangat indah kemegahan air terjunnya. Udara sejuk yang ditawarkan di sini dapat semakin melengkapi liburan teman-teman untuk refreshing. Oh iya, udara yang sejuk dengan hamparan sayur mayur dan pohon kesemek menjadi daya tarik bagi peminat wisata alam

2. Talaga Herang
Obyek wisata di Majalengka yang berikutnya adalah sebuah telaga yang terletak di kecamatan Sindangwangi, tepatnya di desa Jerukleueut. Telaga ini berada di atas lahan seluas 3 hektare dan lokasinya berada di sekitar 25 km dari kota Majalengka. Keindahan telaga ini terletak pada air telaga yang sangat jernih serta sebuah mata air yang berada di tengah-tengah telaga, sehingga pengunjung dapat melihat dasar telaga saking jernihnya. Selain itu, teman-teman juga dapat menikmati keindahan telaga dengan menaiki perahu kecil atau becak air. Obyek wisata alam ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti rumah makan, musala, toilet, tempat parkir serta rute kendaraan umum menuju ke sana.

3. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai adalah salah satu destinasi wisata Majalengka terfavorit sekaligus menjadi kebanggaan dari kota Majalengka. Gunung Ciremai mencakup tiga kabupaten sekaligus, yakni kabupaten Majalengka sendiri, kabupaten Kuningan dan kabupaten Cirebon. Puncak dari Gunung Ciremai berada di ketinggian hingga 3,078 mdpl. Untuk mendaki gunung Ciremai juga bisa lewat jalur Apuy, sebab jalur yang tidak terlalu panjang dan trek yang tidak terlalu ekstrem, dan pemandangan yang dilewatinya juga indah.

4. Danau Biru
Tempat ini sedang booming di Majalengka. Kalau di media sosial lebih dikenal dengan sebutan danau Tosca. Danau ini memiliki sesuatu yang istimewa yaitu memiliki warna danau yang biru terkadang biru kehijauan. Danau ini cocok untuk kalian yang memiliki hobi berfoto karena pemandangannya yang indah. Rute untuk sampai ke tempat ini pun tidak terlalu sulit meskipun letaknya berada di pedalaman, namun untuk kendaraan bermotor tidak terlalu sulit untuk dilalui.

5. Green Canyon
Tak kalah, Majalengka juga mempunyai tempat wisata green canyon seperti di Pangandaran. Namun yang berbeda, green canyon Majalengka ini bersuhu sangat sejuk karena berada di daerah dataran tinggi. Lokasinya berjarak 18 km dari pusat kota. Ada 2 tebing yang mengapit sungai Cilongkrang dan tinggi tebingnya mencapai 20 meter dan serasa berada di gua besar. Air sungainya juga mengalir jernih. Di tempat itu juga ada sebuah air terjun yang dinamakan air tejun Pelangi, karena ketika terkena sinar matahari tampak ada pelangi yang terbentuk dari kepulan air terjun. Selain itu di sini juga terdapat gua kelalawar dan lebih dikenal dengan sebutan gua Lalay karena ada ribuan kelelawar yang berada di gua itu.

6. Cagar Alam Prabu Siliwangi
Kebesaran nama Prabu Siliwangi diabadikan pada hutan cagar budaya sekaligus objek wisata alam ini. Teman-teman akan mendapatkan sekaligus menikmati pepohonan besar dan rindang setempat, sekaligus mata air yang sangat jernih dan dingin, menjadikan kawasan Hutan Prabu Siliwangi identik sebagai objek wisata alam yang sejuk memikat. Keunikan yang ada di kawasan hutan ini adalah adanya puluhan monyet dan hidup dari pohon ke pohon. Monyet-monyet itu sangat akrab dengan manusia. Selain itu, di hutan ini juga terdapat sebuah kolam berair dangkal dan jernih. Kolam ini dilengkapi dengan sebuah patung ikan yang difungsikan sebagai air mancur. Biasanya, para pengunjung memanfaatkan waktunya di Hutan Prabu Siliwangi untuk berenang dan sebagian lagi menggunakannya untuk sekedar berekreasi, suatu hal yang bisa juga kamu coba.

7. Paralayang
Untuk mencapai tempat ini, teman hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit atau 4 km dari pusat kota Majalengka. Objek wisata ini dibuka sekitar tahun 2010. Dari tempat ini, teman-teman bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Jika teman-teman ingin merasakan terbang menggunakan paralayang, teman-teman bisa langsung datang ke tempat dan akan dipandu oleh orang-orang yang sudah ahli.

Nah itulah beberapa objek wisata di Majalengka yang bisa dijadikan salah satu daftar liburan teman-teman yang menginginkan wisata bernuansa alam. (ded/ded)
star Terpopuler