inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Senin, 11/09/2017 17:53 WIB

Mereka yang Berjasa Mempopulerkan Gamelan di Inggris

Mereka yang Berjasa Mempopulerkan Gamelan di Inggris Cathy Eastburn, pesinden asal Inggris, menyanyikan lagu Jawa pengiring Tari Driasmara, di Southbank Centre, London. (CNN Indonesia/Aghnia Adzkia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gamelan, alat musik tradisional Indonesia sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, ke berbagai institusi pendidikan dan komunitas seni. Komunitas gamelan sudah ada di Eropa, Amerika, dan berbagai negara di Asia. Khusus Inggris saja, sudah ada 158 komunitas gamelan.

Bagaimana ceritanya gamelan sampai ke Inggris? Rupanya ada peran tiga tokoh bernama Alec Roth, Neill Sorrell, dan Anne Hunt. Ketiganya mendapat penghargaan dari pemerintah Indonesia di acara puncak International Gamelan Festival 2017 di Cadogan Hall London, Minggu (10/9) malam.

Siapa ketiga orang itu? Anne Hunt sejak 1970-an sangat menggemari musik-musik tradisional dan itu membawa dirinya sampai ke Pulau Jawa dan mengenal gamelan. Dia pernah melakukan tur dengan musikus dan penari Jawa di Inggris dan Eropa lainnya, sambil membawa gamelan di belakang mobilnya.

"Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya pribadi mendapat penghargaan atas apa yang pernah saya lakukan," ujar Anne Hunt yang berharap bisa kembali ke Indonesia membawa kembali kenangannya akan musik gamelan, seperti dikutip Antara.

Adapun Neill Sorrell adalah etnomusikolog yang pernah belajar gamelan di Universitas Wesleyan. Dia mengatakan gamelan di Inggris itu ibarat bibit bunga yang mereka tanam kini bunga sudah tumbuh dan makin banyak bunga yang ada di taman.

Sorrell terlibat di banyak kegiatan saat awal-awal gamelan ada di Inggris, seperti Durham Oriental Music Festival dan English Gamelan Orchestra. Dia mempelajari musik sebagai living tradition yang selalu berubah dan berkembang. Sebagai pengajar musik di York University, dia mendorong universitas membeli gamelan. Namun diakuinya proses cukup lama dan memakan waktu hampir delapan tahun.

Selain bermusik, Sorrell banyak menulis buku dan artikel serta komposisi gamelan. Dengan banyaknya gamelan beserta pengajarnya, dia berharap musisi Indonesia bisa lebih banyak tampil di Inggris.

Sementara Alec Roth, saat gamelan SouthBank dibuka tahun 1987/88, adalah sosok yang memberi akses bagi publik untuk belajar gamelan. Programnya membuka kelas malam, workshop dan pelatihan gamelan di sekolah dan kelas anak-anak di akhir pekan merupakan terobosan yang patut dihargai dalam memperkenalkan gamelan di Inggris.

Alec juga mengajak guru  membeli gamelan dan membuka program gamelan di sekolah-sekolah di Inggris. Alec adalah pendiri gamelan South Bank tahun 1987 salah satu grup gamelan di Eropa yang hingga ini keberadaannya masih diakui dunia.

Gamelan bukan lagi taraf memperkenalkan ke masyarakat dunia, karena gamelan sebenarnya sudah mendunia sejak 1889. Ketika itu, di Paris World Fair, gamelan menghipnotis penonton dunia, termasuk komposer Debussy.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid kepada Antara mengatakan penghargaan yang diberikan pemerintah Indonesia kepada perintis gamelan di Inggris adalah dalam upaya memberikan penghargaan pemerintah khususnya dari Dirjen Kebudayaan kepada mereka yang berhasil mengembangkan musik gamelan di Inggris.

Gamelan di Inggris terdokumentasi oleh Stamford Raffles dan disebut dalam buku The History of Java (1817). Dia orang pertama yang membawa pulang dua ansambel gamelan ke Inggris. Satu set sekarang ada di Claydon House di London. Sedangkan British Museum menyimpan koleksi instrumen gamelan sejak tahun 1859.  (ded/ded)
star Terpopuler