inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Senin, 19/06/2017 17:19 WIB

Ketika Pramuka Bikin Aksi untuk Masyarakat

Ketika Pramuka Bikin Aksi untuk Masyarakat
Banjarnegara, CNN Indonesia -- Puluhan anggota Pramuka Penegak Pandega Kwartir Ranting Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara, yang tergabung dalam Dewan Kerja Ranting (DKR) Wanayasa menggelar aksi amaliah Ramadhan dengan berbagai kegiatan peduli sesama. Ketua Panitia Kegiatan Fathur Rahman mengatakan, kegiatan amaliah Ramadhan dikemas dalam aksi Pramuka Peduli yang menarik dan masuk seluruh lapisan masyarakat.

“Beberapa kegiatan yang kita laksanakan antara lain, kerja bakti bersih desa, pembagian seratus paket sembako untuk kaum duafa, pembagian pakaian baru dan mengajar Taman Pelajaran al-Qur’an (TPQ) untuk anak dan remaja yang diakhiri dengan buka puasa dan taraweh berjamaah,“ paparnya.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Pramuka SMKN 1 Wanayasa tersebut digelar dalam beberapa kali pertemuan yang dipusatkan di desa Sidanayan dengan harapan mampu menjalin silaturahmi dan kebersamaan bersama masyarakat sehingga menimbulkan kesan Pramuka hidup di tengah masyarakat.

Ketua Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Wanayasa Aminarto mengatakan, kegiatan amaliah Ramadhan tersebut merupakan salah satu cara dan wahana untuk menciptakan kedekatan antara Pramuka, generasi muda dan masyarakat. “Kegiatan ini memang dirancang sedemikian rupa agar anggota Pramuka dapat belajar tentang kehidupan dan bermasyarakat serta memasyarakatkan Pramuka," ujarnya. “Dengan proses edukasi dan terjun langsung di tengah masyarakat diharapkan akan tercipta sinergitas yang kuat untuk membangun citra dan rebranding Pramuka yang lebih baik di masa mendatang.”

Salah satu ketua RT di desa Sidanayan Suherno menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka dan diharapkan mampu menjadi penggerak generasi muda dalam hidup bermasyarakat dengan berbagai kegiatan positif. “Atas nama pribadi dan pemerintah desa kami mengucapkan terima kasih, semoga amal ibadah adik-adik pramuka diterima oleh Allah dan berharap kegiatan positif tersebut tidak berhenti sampai di sini," ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi peran serta anggota Pramuka Wanayasa yang telah aktif dalam berbagai kegiatan kepemudaan di wilayahnya dan berharap mampu menularkan semangat dan kepedulian terhadap sesama. (Deddy Sinaga/Deddy Sinaga)
star Terpopuler