inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Rabu, 22/02/2017 14:37 WIB

IQ+EQ+SQ Sama dengan Masa Depan Lebih Baik

IQ+EQ+SQ Sama dengan Masa Depan Lebih Baik Ilustrasi (Foto: CNN Indonesia/Antara Photo/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seberapa sering kita mendengar orang bicara tentang kecerdasan orang lain? Kecerdasan adalah deskripsi betapa bagusnya seseorang melakukan sesuatu.

Kecerdasan termasuk kemampuan memberikan alasan, rencana, memecahkan persialan, memahami ide dan bahasa, dan untuk belajar.

Jadi, apakah kamu menganggap dirimu cerdas?

Pertama, sekolah dan sistem pendidikan membuat kita yakin bahwa kita hanya disebut cerdas kalau kita mampu memecahkan rumus matematika, kimia, atau fisika yang rumit.

Kecerdasan ini normalnya mengacu pada IQ. Intelligence Quotient. Orang yang punya angka IQ tinggi mendapat predikat cerdas atau murid yang pandai.

Apakah IQ satu-satunya yang kita butuhkan untuk sukses? Well, kabar baiknya adalah IQ bukanlah satu-satunya ukuran kesuksesan. Kebanyakan orang dengan IQ tinggi malah tidak mencapai kesuksesan.

Ada tipe kecerdasan lain yang penting. Emotional (EQ) dan Spirituality Quotient (SQ).

Emotional Quotient (EQ), berkenaan dengan pengenalan, pemahaman, dan pemilihan cara berpikir, merasa, dan bertindak. Ia membentuk interaksi kita dengan orang lain dan pengenalan diri sendiri.

EQ adakah kapasitas untuk menciptakan hasil positif dalam relasi kita dengan orang lain. EQ, kemampuan yang bisa dipelajari untuk menciptakan sukacita, kasih, empati, dan simpati. Ini adalah pemrediksi terbaik tentang siapa yang akan sukses dalam segala aspek kehidupan.

Dan terakhir adalah Spirituality Quotient (SQ). Tanpa spritualitas, kita mungkin jadi kurang bergembira dan tak nyaman dengan kehidupan kita. Seberapa kaya pun kita, seberapa banyak pun materi yang kita kumpulkan.

SQ adalah pusat dan dasar dari segala macam kecerdasan. Sebab, ia akan menjadi sumber penuntun. SQ adalah kunci kepenuhan personal dan performa seumur hidup.

Supaya kamu gembira dan sukses, fokus pada IQ, EQ, dan SQ kamu. Jangan hanya pada semata-mata IQ, atau EQ saja.

Bagaimana membangun ‘Q’ dalam diri kamu? Itu simpel. Cukup ketahui emosimu, bangun kesadaran diri, dan belajar mengelola emosi.

Jadi, ‘Q’ mana yang kamu perlukan untuk meraih kesuksesan? Jawabannya adalah ketiganya. Kita perlu mengembangkan kecerdasan kita dan memenangi kombinasi IQ, EQ, dan SQ. Sebab IQ+EQ+SQ sama dengan pekerjaan yang lebih baik, hidup yang lebih baik, diri yang lebih baik, dan masa depan yang lebih baik.

@femytrigita (ded/ded)
star Terpopuler