inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Rabu, 20/01/2016 08:56 WIB

Dampak Kopi pada Anak dan Tips Menghindarinya

Dampak Kopi pada Anak dan Tips Menghindarinya Ilustrasi (Life-Of-Pix/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kopi merupakan minuman yang sering dikonsumsi oleh orang dewasa. Bagaimana jika minuman ini di konsumsi oleh anak – anak, apakah berbahaya? Kandungan kafein dalam kopi menimbulkan efek kecanduan dan meningkatkan kinerja jantung. Kafein pula menimbulkan efek kenyang yang membuat si peminum akan terasa tidak ingin makan. Ini bisa berdampak kurang baik bagi anak lho, karena akan disinyalir akan membuat anak kekurangan asupan gizi karena nafsu makan yang berkurang.

Kopi memang dapat meningkatkan konsentrasi. Tapi yang patut diwaspadai itu kafeinnya. Soalnya, kafein tidak hanya ditemukan di dalam kopi. Kafein juga ada di beberapa minuman bersoda dengan warna dan citarasa yang di sukai anak anak.

Nah, supaya anak tak mengkonsumsi kafein, berikut ini beberapa tipsnya:

Hindari terlalu sering berkunjung ke kedai kopi dengan anak
Maraknya bermunculan kedai kopi dengan kenyaman fasilitas yang ditawarkan membuat kedai kopi sebagai tempat yang asik untuk berbincang dan menghabiskan quality time bersama orang terdekat. Untuk beberapa kali tentu tidak apa, namun untuk menghindari kecanduan mengkonsumsi kopi sebaiknya hindari kedai kopi terutama yang hanya menjual kopi dengan kandungan kafein tinggi yang dikhususkan untuk orang dewasa.

Beri minuman dengan asupan yang lebih bergizi
Susu dan Jus tentu memiliki cita rasa dan manfaat yang jauh lebih baik untuk dikonsumsi anak anak ketimbang kopi. Selain mengandung kalsium dan mineral, susu juga banyak memiliki varian rasa yang disukai anak – anak seperti coklat dan vanilla. Pilihlah jus dari buah buahan segar yang disukai anak, terutama buah buahan yang memiliki warna terang karena banyak mengandung vitamin yang baik untuk masa pertumbuhan anak, seperti strawberry, pepaya, mangga, jambu biji dan lain – lain.

Racik bersama minuman kesukaan anak
Ajaklah buah hati meracik minuman kesukaan sesuai dengan seleranya, seperti membuat milkshake, jus dengan campuran berbagai buah, smoothie, atau membuat yoghurt. Selain membuat anak akan mencintai hasil racikannya sendiri, anak akan merasa terus ingin bereksperimen mencoba berbagai jenis buah dan susu. Kegiatan ini pula tentunya membuat anak mencintai susu dan buah- buahan, dan melupakan jenis minuman yang kurang baik bagi kesehatannya.

Jadilah contoh yang baik
Hindari mengkonsumsi kopi di depan anak – anak karena akan menarik rasa ingin tahunya untuk ikut mencoba. (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait