edukasi
Edukasi
EDUKASI Sabtu, 24/02/2018 13:47 WIB

Antusiasme Rusia di Antara Siswa-Siswi Indonesia

Antusiasme Rusia di Antara Siswa-Siswi Indonesia Bendera Rusia (Foto: AFP PHOTO / Vasily MAXIMOV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia hadir di SMP Labschool Kebayoran. Utusannya bercerita mengenai budaya dan keunikan negara itu kepada para siswa-siswi yang disambut dengan antusiasme tinggi. Itulah secuplik cerita dari perhelatan besar ACEX 2018, yaitu Labschool International Cultural Day yang biasa disingkat LICD. Total ada 12 negara yang menjadi tamu di acara ini.

Utusan dari Rusia disambut di kelas 7B. "Saat pertama mulai, kelasku antusias, tertawa bersama. Saat acara dimulai, mereka sangat senang. Tetapi saat pembicara mulai memberikan materi, mereka semua fokus pada pembicara," kata Kamila, siswa kelas 7B.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan makan bersama. Saat makan, ada yang bermain-main dengan balon yang ada. Kostum yang dipakai sesuai dengan urutan dalam daftar presensi di kelar. No 1-13 memakan kaos putih, 13 sampai berapa pakai biru, dan absen terakhir akhir pakai merah. Untuk maskotnya, mereka memakai pakaian berbeda.

"Jadi untuk maskotnya itu pakai semacam dress yang biasanya dipakai untuk menari tradisional," Kamila pun menambahkan.

Sementara yang lelaki memakai pakaian yang biasanya dipakai untuk acara tradisional di Russia. Sang maskoty, M. Rafif Athaya menjelaskan, "Seperti saat menari atau pesta."

Interaksi di kelas yang awalnya tegang pun mencair dan kelas menjadi seru. Saat diberikan materi oleh utusan kedubes Mr. Vitaly Glinkin, mereka semua terpaku dengan materi yang diberikan. Ia berbagi cerita tentang negaranya, makanan tradisionalnya, budayanya, dan banyak lagi.

Di kelas, banyak yang dengan antusias bertanya. Ada yang bertanya tentang vodka (minuman beralkohol dari Rusia), tradisi Rusia, agamanya, dan tempat tempat terkenalnya. Ketika acara berbincang di kelas telah usai, mereka menuju ke plaza lantai satu untuk sesi foto bersama.

Saat sesi foto Bersama selesai, Mr. Vitaly Glinkin bersedia meluangkan waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan. Ia berkata bahwa acara ini terkadang membawanya kembali ke masa kecilnya.

"Dan acara ini merupakan acara yang sangat bagus. Saya sangat berterima kasih atas sambutan hangat untuk momen baik, organisasi acara ini. Emosi kalian sangat menyemangati kami," katanya.

Ia berpesan agar kita tetap menjadi muda, dan pelajari banyak hal. "Cobalah melakukan sesuatu. Bukan berarti kamu tidak akan membuat kesalahan. Kamu akan membuatnya, namun itu merupakan bagian dari belajar. Cobalah lakukan sesuatu, tidak akan ada yang lain yang akan mengubah dunia."


(ded/ded)
star Terpopuler