edukasi
Edukasi
EDUKASI Minggu, 11/02/2018 08:34 WIB

Ini Mangga atau Pisang?

Ini Mangga atau Pisang? Mangga pisang dari Rembang. (Foto: Arif Syaefudin/Detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada akhir 2017 lalu kita sempat dihebohkan dengan beberapa jenis mangga baru. Salah satunya adalah mangga pisang. Apasih mangga pisang itu? Berikut penjelasannya dari beberapa sumber.

Mangga pisang memiliki nama asli Agri Gardina. Mangga ini merupakan mangga hibrid persilangan mangga Saigon dengan mangga Arumanis 143 sehingga menghasilkan mangga yang memiliki warna kulit merah - kekuningan dan berbentuk lebih kecil dari mangga biasanya, serta rasanya yang sangat manis dan beraroma harum.

Jenis mangga ini diluncurkan oleh Pusat Penelitian Pengembangan (Puslitbang) Hortikultura Kementerian Pertanian. Puslitbang membutuhkan waktu 5 tahun untuk dapat menghasilkan mangga Agri Gardina, warna merah dan karakteristik pohon serta buahnya ini didapat dari mangga Saigon, sedangkan karakteristik rasanya diambil dari mangga Arumanis.

Seperti julukannya 'Mangga Pisang' cara memakan buah mangga ini juga cukup unik yaitu dengan cara mengupas kulit atasnya hingga ke bagian bawah dan dapat langsung dinikmati. Tak hanya memiliki penampilan yang menarik dan rasa yang manis, buah mangga juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara menanam dan merawat mangga Agri Gardina juga relatif mudah. Bahkan jenis mangga ini dapat ditanam dalam pot drum karena pohonnya relatif kecil sehingga dapat menghemat ruang tanam. Mangga Agri Gardina membutuhkan waktu 2 - 3 tahun untuk berbuah.

Jika kamu berminat untuk menanam pohon mangga Agri Gardina sendiri, benih mangganya tersedia di beberapa toko online lho! Jadi kamu semakin mudah untuk menanam pohon manggamu sendiri. (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait