edukasi
Edukasi
EDUKASI Kamis, 07/12/2017 14:09 WIB

Mengenal Si Madu dari Sumedang

Mengenal Si Madu dari Sumedang Ilustrasi ubi cilembu (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Si Madu yang terkenal dari Sumedang. Ini adalah komoditas unggulan yang dimiliki oleh kota Sumedang, yaitu ubi cilembu.

Si madu ini mempunyai karakter atau rasa berbeda pada umumnya ubi jalar. Ia memiliki rasa manis yang khas. Tetapi ubi yang satu ini sangat memiliki cita rasa yang sangat unik karena ubi ini memiliki ciri khas tersendiri dari tekstur yang berbeda.

Ubi cilembu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang termasuk varietas sweet potato sehingga memiliki rasa manis, dan juga memiliki serat yang halus.

Namun manisnya ubi cilembu ini sangat berbeda dengan ubi-ubi lainnya. Mengapa berbeda? Karena manisnya ubi Cilembu ini begitu legit seperti madu.

Jadi, ketika kita memasak ubi tersebut (dengan cara dioven), kemudian setelah matang kita membuka bagian tengahnya, bagian tengah ubi tersebut akan keluar sejenis cairan kuning kental dan lengket seperti madu, dan rasanya pun memang manis dan lembut seperti madu.

Oleh karena itu tak heran bila ubi cilembu ini juga dinamai dengan ubi madu. Bahkan menurut para konsumennya, ubi cilembu enak dikonsumsi apabila diolah dengan cara dioven atau dipanggang. Tetapi tidak kalah enaknya bila digoreng ataupun direbus.

Karena itu ubi cilembu asli sangat digemari para pecinta kuliner tradisional dan sudah terkenal ke seluruh daerah di Indonesia ataupun ke mancanegara.

Kita berbicara tentang cara membudidayakan ubi cilembu dengan baik. Sebab tidaklah susah untuk membudidayakan ubi ini.

Pertama-tama siapkan lahan dan benih ubi cilembu. Lalu mulailah mengolah tanah dengan dicampurkan pupuk organik. Bila tanah sudah dicampurkan dengan baik dan diolah dengan sedemikian rupa, lalu buatlah pematang yang siap ditanami benih ubi cilembu tersebut.

Jarak antarbenih 10 cm dan kita tinggal menunggu selama satu minggu. Bila turun hujan kita tidak perlu mengairi lahan yang sudah ditanami. Tetapi bila tidak ada hujan kita dapat mengairi lahan tersebut selama satu minggu sekali.

Bila sudah tumbuh dengan umur satu bulan, kita tinggal mengurus dan membuang rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar pematangnya. Bila kita ingin ubi menjadi subur bisa menambahkan pupuk kimia seperti poskha dan NPK, lalu menyemprotkan cairan insektisida untuk menghindari hama. Bila sudah melakukan hal tersebut lalu menunggu selama 4 sampai 5 bulan dan siap untuk dipanen.

Ubi jalar dianggap makanan kelas bawah dan disepelekan. Padahal dari hasil penelitian para ahli, kandungan gizi yang terkandung pada ubi, terutama jenis ubi cilembu setara dengan beras, malah lebih baik dibandingkan dengan gandum.

Mineral dan Kandungan Gizi Ubi Cilembu

Ubi cilembu mengandung mineral zat besi dan magnesium. Selain untuk meningkatkan energi, zat besi juga berhubungan erat dengan produksi sel darah merah dan darah putih yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko stres.

Magnesium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, saraf, otot, jantung, darah, dan saluran arteri.

Ubi cilembu juga mengandung potasium yang berguna untuk mengatur kerja jantung agar sehat dan berdetak dengan ritme yang normal, juga bermanfaat untuk menjaga kerja ginjal.

Ada juga katorenoid seperti betakaroten yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, dan fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Rasa manis ubi cilembu adalah rasa manis alami yang aman bagi penderita diabetes karena tidak mengakibatkan naiknya kadar Glukosa (gula darah).

Ubi cilembu dapat melawan kanker karena ubi cilembu mengandung antioksidan yang dapat mencegah bahaya radikal bebas sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Ubi cilembu juga mengandung vitamin D yang berfungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat secara menyeluruh, vitamin D ini pun sangat baik bagi wanita yang ingin cepat hamil, karena kelenjar teroidnya dapat berjalan dengan normal, sehingga dapat merangsang pertumbuhan hormon wanita sehingga dapat mempercepat kehamilan.

Vitambin B6 yang berfungsi mencegah kepikunan dan serangan jantung, karena bahan kimia dalam tubuh yang disebut dengan homocyisteine, yang dapat segera diuraikan menjadi molekul sederhana oleh vitamin B6 ini.

Ada juga vitamin C yang berfungsi sebagai pencegah masuknya berbagai penyakit dan mempercepat penyembuhan penyakit. Vitamin C ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi kolagen agar kulit terhindar dari keriput dini.

Ubi Cilembu juga mempunyai beberapa jenis ubi ungu, seperti: ubi ranci, ubi jawer, dan ubi menes. Ubi cilembu Sendiri sudah beredar secara luas ke seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Korea, Jepang, dan Thailand.

Di Cilembu sendiri, banyak yang memanfaatkan ubi ini tidak hanya dibakar atau oven saja. Sekarang  sudah banyak inovasi baru seperti membuat puding atau kripik ubi, ubi kremes, dan yang lebih tidak kalah pentingnya yaitu daunnya yang bisa dijadikan sayur untuk teman nasi, dan ini yang sangat digemari oleh para pecinta kuliner tradisional. (ded/ded)
star Terpopuler