edukasi
Edukasi
EDUKASI Selasa, 05/12/2017 11:47 WIB

Tonggeret Goreng, Camilan Unik dari Dogiyai Papua

Tonggeret Goreng, Camilan Unik dari Dogiyai Papua Tonggeret alias Tibicen linnei (commons.wikimedia.org/Bruce Marlin)
Jayapura, CNN Indonesia -- Jika kita berkunjung ke Gunung Kidul, Yogyakarta, kita akan menjumpai makanan khas berbahan serangga yaitu belalang goreng. Rupanya kuliner berbahan serangga juga terdapat di Dogiyai, Papua.

Suku Mee di Kampung Modio, Distrik Mapia Tengah, Kabupaten Dogiyai mengolah tonggeret menjadi lauk yang lezat. Tonggeret (Tibicen linnei) merupakan serangga yang hidup di daerah beriklim sedang hingga tropis.

Serangga ini memiliki ciri, yaitu mengeluarkan bunyi khas yang dihasilkan dari alat penghasil suara di bawah sayapnya. Tonggeret banyak dijumpai pada akhir musim penghujan.

Warga Modio menangkap tonggeret dengan kayu kecil yang diberi getah sebagai perekat pada ujungnya. Ujung kayu yang diberi perekat, tinggal menempelkan pada bagian belakang tonggeret yang banyak bertengger di batang pohon dan ranting pohon.

Berburu tonggeret merupakan keasyikan tersendiri bagi anak-anak Modio seusai pulang sekolah. Tonggeret yang berhasil ditangkap kemudian dibawa pulang untuk dimasak.

Cara memasak tonggeret sangat mudah yaitu dengan cara dipanggang di atas perapian atau digoreng. Tonggeret goreng merupakan kuliner khas dan unik yang tidak ada di daerah lain.

Kuliner khas ini jika dikembangkan dan dipromosikan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Dogiyai. (ded/ded)
star Terpopuler