edukasi
Edukasi
EDUKASI Rabu, 11/10/2017 07:49 WIB

Tips Merekam Video yang Bagus dengan Smartphone

Tips Merekam Video yang Bagus dengan Smartphone Ilustrasi (Foto: McLac2000/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Smartphone sudah jadi perangkat yang umum saja. Kita menggunakannya untuk banyak keperluan, dari untuk hiburan sampai mengerjakan tugas-tugas.

Salah satu fungsi smartphone yang makin banyak diperhitungkan adalah video. Ini menjadi alasan makin maraknya penggunaan jejaring sosial berbasis video.

Masalahnya, bagaimana cara membuat video yang bagus menggunakan smartphone? Berikut ini ada beberapa tips dari Popular Science yang bisa kamu terapkan:

Pertama, atur dengan baik Setting-anmu

Android: buka aplikasi kamera, tingkatkan resolusi video setinggi mungkin dan aktifkan video stabilization, kalau ada.
iOS: Buka Settings dan tap Camera. Pilih format video yang tertinggi dan aktifkan Lock Camera.

Ada smartphone yang sudah mendukung 4K, format video yang paling tinggi resolusinya. Tapi ingat, makin tinggi resolusinya kamu harus punya penyimpanan yang memadai.

Ingat untuk mengisi ulang baterai smartphone-mu sampai penuh kalau ingin melakukan perekaman dalam durasi yang panjang. Kamu juga bisa bawa power bank yang kapasitasnya besar.

Kedua, pakai fitur tambahan

Beberapa aplikasi kamera sudah dilengkapi dengan fitur macam slow-motion mode. Fitur ini bagus juga untuk menambahkan efek menarik pada video. Perhatikan frame rate-nya, makin lambat makan makin tinggi pula nilai frames-per-second (fps). Ingat, jangan merekam slow-motion saat suasana gelap ya. Karena untuk mode ini, kamu butuh banyak cahaya.

Ketiga, instal aplikasi tambahan

Kamu bisa menginstal aplikasi untuk memberikan efek tambahan, atau untuk menyunting videomu. Contohnya ada aplikasi Quik (iOS dan Android) dari GoPro yang membantumu mengedit video, menambahkan teks dan musik, atau menjahit dan mengatur scene demi scene. Bagi yang lebih serius, unduhlah Filmic Pro (juga untuk Android dan iOS). Aplikasi berbayar ini memungkinkan kamu melakukan kontrol manual terhadap eksposur, focus, live color, kecerahan, atau menambahkan efek macam slow-motion dan time lapse.

Meski aplikasimu bagus, tetaplah ikuti aturan dasar perekaman video: Selalulah merekam lebih banyak footage dari yang kamu butuhkan, yang nanti bisa kamu potong atau tambahkan. Kemudian, selalu rekam sampel untuk berlatih, untuk mengecek apakah framing, pencahayaan, dan suara, bekerja sesuai yang kamu inginkan.

Bereksperimenlah sering-sering dan bikin perencanaan kemudian. Berlatih akan membuat segalanya makin sempurna dan makin familiar kamu dengan fitur-fitur video di smartphone-mu, makin efisien waktu yang kamu pakai.

Keempat, berinvestasi pada aksesori
- Tripod
Merekam video butuh waktu lebih lama, karena itu kamu butuh tripod. Tripod yang ada di pasar bermacam-macam, pilih sesuai keperluan dan anggaran. Makin mahal, makin banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya, punya fitur macam kontrol yang dikendali dari jauh melalui Bluetooth, kaki yang fleksibel sehingga bisa ditaruh di mana saja, serta kompetibel pada semua jenis ponsel Android dan iPhone.
- Gimbal
Perangkat ini membuat kamu bisa merekam video dengan solid seteguh karang. Kalau ingin melakukan panning, hasilnya jadi terlihat lebih smooth.  
- Audio
Kalau hanya mengandalkan microphone di ponsel, kurang memadai. Ada baiknya kamu membeli microphone yang dapat menangkap suara aktormu dengan jelas dan mengurangi suara latar yang mengganggu.
- Lensa
Dengan lensa tambahan, kamu bisa menambah kemampuan zoom, atau merekam sudut lebar (wide angle).

Kelima, perhatikan sekitar
Kamu bisa memanfaatkan lingkungan sekitar untuk membantumu merekam. Misalnya memakai tembok untuk membuat ponsel stabil. Menambahkan lampu meja untuk memberikan pencahayaan yang tak biasa.  

Keenam, cari angle yang unik
Agar videomu tak seperti kebanyakan orang, carilah angle atau sudut pandang yang berbeda dari yang umum. Atau cara perekaman yang berbeda dibanding yang biasa dilakukan orang. (ded/ded)
star Terpopuler