edukasi
Edukasi
EDUKASI Selasa, 29/08/2017 11:15 WIB

Universitas Brawijaya Hattrick di Pekan Ilmiah Mahasiswa

Universitas Brawijaya Hattrick di Pekan Ilmiah Mahasiswa Foto: M Rofiq/Detikcom
Malang, CNN Indonesia -- Universitas Brawijaya Malang meraih gelar juara umum tiga kali berturut-turut di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasonal (Pimnas). Setelah juara umum pada 2015 dan 2016, tahun ini Universitas Brawijaya kembali menyabet gelar itu.

UB Malang mengirim 208 mahasiswa di ajang Pimnas ke-30 yang berlangsung di Makassar itu. Mereka memboyong Piala Adhikarta Kertawidya.  

Wakil Rektor 3 UB Prof Arief Prayitno MS di sela penyambutan kontingen peraih gelar juara umum Pimnas ke-30 itu mengaku lega, bangga, bahagia, dan terharu karena UB meraih juara umum Pimnas tiga kali secara berturut-turut. “Ini adalah buah kerja keras semua pihak, termasuk doa yang tiada henti kami panjatkan,” ujarnya, seperti dilansir Antara, kemarin.

Dalam Pimnas ke-30 di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, UB mengoleksi 19 medali, dengan rincian 3 emas, 3 perak, 3 perunggu untuk kategori poster yang mendapat penilaian 20 persen, dan 5 emas, 1 perak, 4 perunggu untuk kategori presentasi yang mendapatkan penilaian 80 persen.

Rektor UB Prof Muhammad Bisri bangga dengan perjuangan seluruh tim yang terlibat untuk mempertahankan sekaligus mengejar hattrick juara umum. "Perjuangan tim di ajang Pimnas ini sangat berat. Oleh karena itu, saya yakin mahasiswa UB sangat berkualitas dan unggul di segala lini," ujarnya.

Ia mengemukakan ada tiga hal yang harus diteruskan sebagai langkah menuju juara adalah proses panjang dari mulai penyusunan proposal, karantina, pemberian motivasi, pendampingan, doa bersama, hingga pemberian santunan pada anak yatim.

"Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas mahasiswa yang tidak bisa dihindarkan dari keberhasilan ini. Jika mereka tidak hebat, kami juga tidak akan juara, serta kebersamaan jajaran petinggi yang mendampingi mahasiswa dari awal hingga mendapatkan gelar juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut," katanya.

Di ajang Pimnas ke-30 terebut, Universitas Brawijaya mengirimkan 31 tim. Dan, setiap tim yang meraih medali emas diberikan insentif (bonus)sebesar Rp17,5 juta. "Setiap tim yang mendapat medali akan mendapat reward, mungkin hanya akan berbeda nominalnya untuk peraih medali emas, perak, dan perunggu," ucapnya.
 
Sementara itu, 10 besar juara Pimnas ke-30 di UMI Makassar berturut-turut adalah Universitas Brawijaya di posisi pertama (juara umum), disusul Universitas Gadjah Mada (UGM), ITS, Universitas Airlangga (Unair), IPB, Undip, Universitas Negeri Semarang, ITB, Universitas Surabaya, dan Universitas Negeri Yogyakarta. (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait