edukasi
Edukasi
EDUKASI Jumat, 11/08/2017 09:39 WIB

Mengenal Dinosaurus Terbesar yang Pernah Ada

Mengenal Dinosaurus Terbesar yang Pernah Ada Ilustrasi saja. (Foto: LIda Xing/Universitas Alberta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinosaurus apa yang terbesar? Baru-baru ini jawabannya datang. Itulah Patagotitan mayorum, dinosaurus yang baru saja ditemukan.

Tubuhnya begitu besar sehingga tampak intimidatif. Ia memiliki bobot tubuh hingga 76 ton dan ukurannya rata-rata 37 meter persegi dan bahunya sepanjang 6 meter.

Para ilmuwan menggolongkannya ke dalam kelompok dinosaurus raksasa yang disebut titanosaurus. Fosil Patagotitan mayorum ditemukan di selatan Argentina pada 2012.
 
“Ada satu bagian kecil dari familia itu yang sangat besar ukuran tubuhnya,” kata Diego Pol dari museum paleontologi Egidio Feruglio di Argentina, penulis studi itu di jurnal the Royal Society B.

Nama Patagotitan terinspirasi dari nama Patagonia, di mana fosil itu ditemukan. Sedang titan adalah bahasa Yunani yang berarti besar. Sedang mayorum diberikan untuk menghormati sebuah keluarga petani yang membantu peneliti.

Sebanyak 6 fosil spesies itu diselidiki dan berasal dari masa 100 juta tahun lalu, berdasarkan debu di sekitar mereka.

Pertanyaannya, mengapa tubuhnya begitu besar? Peneliti memang masih meneliti. Tapi diduga ada hubungan dengan ledakan tumbuhnya tumbuhan berbunga pada saat dinosaurus ini hidup. (Deddy Sinaga/Deddy Sinaga)
star Terpopuler