edukasi
Edukasi
EDUKASI Kamis, 10/08/2017 19:32 WIB

Kuliah Setengah Hari Gratis di UGM Bagi Peternak

Kuliah Setengah Hari Gratis di UGM Bagi Peternak Ilustrasi (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Ini kabar gembira bagi kamu yang punya usaha peternakan. Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada membuka program kuliah setengah hari gratis bagi peternak di seluruh Indonesia. Mereka akan dibekali teori dan praktik lapangan beternak hewan.

"Setiap tahun, Fakultas Peternakan atau Fapet UGM mengundang masyarakat untuk kuliah setengah hari tentang peternakan. Jika ada yang berminat, dari seluruh Indonesia, kami persilahkan untuk belajar tentang pemeliharaan domba, sapi, kambing, dan hewan lainnya di Fapet UGM," kata Dekan Fapet UFM Prof Dr Ali Agus, seperti dilansir Antara, kemarin.

Menurut Prof Ali, penawaran kuliah setengah hari secara gratis tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Indonesia dan berlaku untuk peternakan seluruh Indonesia.

Undangan kuliah setengah hari itu, ujar dia, ditujukan untuk memberikan pelatihan peternakan yang dikemas secara implementatif sehingga peternak memiliki pemahaman yang lebih luas dalam mengembangkan peternakannya. Misalnya seperti langkah-langkah meningkatkan produktivitas dan keunggulan sapi dengan ketersediaan pakan yang cukup mengandung mineral dan vitamin bagi kebutuhan sapi.

"Saya bisa bersekolah berkat sapi. Saya orang desa yang terbiasa bergaul dengan sapi, dan peternak. Karena itu, kuliah setengah hari itu nantinya berupa ajang belajar bagi setiap peternak. Siapa tahu setelah peternak kuliah setengah hari di UGM, nantinya anak-anak peternak juga tertarik studi di Fapet UGM," katanya.

Fapet UGM tidak hanya membekali para mahasiswa dan praktisi di bidang hewan dengan teori-teori penting terkait dunia peternakan, tetapi sebagai wadah latihan dan praktik di lapangan, pihaknya juga menyiapkan bengkel ternak yang ditujukan sebagai tempat mengimplementasikan teori ke dalam bentuk praktik lapangan.

Prof Ali menuturkan, bengkel ternak milik Fapet UGM ditujukan untuk "mereparasi" berbagai hewan yang mengalami kesakitan, atau yang mengalami kekurangan gizi. Sehingga dalam waktu beberapa lama, hewan yang dirawat pada bengkel ternak akan mengalami peningkatan kualitas fisik, dari yang memiliki fisik buruk berubah menjadi semakin baik. (Deddy Sinaga/Deddy Sinaga)
star Terpopuler