edukasi
Edukasi
EDUKASI Senin, 17/07/2017 07:53 WIB

Telah Ditemukan, Bintang Terjauh dari Bumi

Telah Ditemukan, Bintang Terjauh dari Bumi
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalau ada bintang terdekat ke Bumi, maka jelas ada bintang yang terjauh. Berapa jarak bintang terjauh itu?

Jawabannya ditemukan Patrick Kelly, ilmuwan dari Universitas California Berkeley dan koleganya. Dengan menganalisis citra yang ditemukan Teleskop Hubble mereka menemukan satu kluster galaksi yang diberi nama MACS J1149.

Bintang itu terlihat oleh teleskop karena fenomena yang bernama Lensa Gravitasi. Bintang terlihat sebab gravitasi di gugusan galaksi membentuk ruangwaktu yang melengkung, membentuk sebuah kaca pembesar kosmik.

Pada April dan Mei tahun lalu, Kelly dan timnya menemukan satu titik cahaya misterius di galaksi itu. Mereka pun langsung melakukan analisis.

Seperti diterbitkan di arXiv.org, dan dilansir oleh Science News baru-baru ini, Kelly dan timnya menyimpulkan bahwa titik itu adalah sebuah bintang yang berwarna biru terang.

Setelah dihitung-hitung, bintang itu ternyata jauh sekali. Kalau Tata Surya kita ini berusia 13,8 miliar tahun, artinya cahaya bintang itu telah melintasi 65 persen Tata Surya sebelum sampai ke kita.

Atau dengan kata lain, bintang itu berada pada jarak 9 miliar tahun cahaya jauhnya. Bintang terjauh yang pernah terdeteksi berada pada jarak 55 juta tahun cahaya saja jauhnya. (Deddy Sinaga/Deddy Sinaga)
star Terpopuler