edukasi
Edukasi
EDUKASI Jumat, 14/07/2017 14:22 WIB

Ini Dia Bintang Terkecil di Semesta

Ini Dia Bintang Terkecil di Semesta Ilustrasi Bintang (WikiImages/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Astronom dari Universitas Cambridge mengklaim telah menemukan bintang terkecil di dunia (untuk saat ini). Ukurannya hanya sedikit lebih besar dibandingkan Saturnus.

Meski begitu, tarikan gravitasinya 300 kali lebih kuat ketimbang yang kita rasakan di Bumi. Bintang yang baru ditemukan ini diberi nama EBLM J0555-57Ab.
 
Mungkin inilah ukuran terkecil paling maksimal untuk sebuah bintang. Sebab, ia hanya punya massa yang cukup untuk memungkinkan terjadinya fusi inti hidrogen ke dalam helium. Jika lebih kecil, tekanan di pusat bintang tidak lagi cukup untuk memungkinkan terjadinya proses itu.

Fusi hidrogen jugalah yang memberikan tenaga pada Matahari kita. Dan ilmuwan sedang mereplikasi fusi ini untuk menghasilkan sumber energi yang kuat di Bumi.

Terdeteksinya bintang kecil ini juga memungkinkan ditemukannya lagi planet seukuran Bumi yang punya cairan di permukaannya. Seperti halnya TRAPPIST-1, sebuah planet mini sangat dingin yang dikelilingi tujuh dunia seukuran Bumi.

Bintang kecil itu berada pada 600 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dia merupakan bagian dari sistem biner dan teridentifikasi saat melintas di depan bintang induk yang lebih besar.

“Penemuan kami menyingkapkan sampai sekecil apa sebuah bintang bisa terjadi,” kata Alexander Boetticher, pemimpin penelitian yang bakal diterbitkan di jurnal Astronomy & Astrophysics itu.

Bintang ini terdeteksi oleh WASP, sebuah eksperimen pencarian planet yang dijalankan oleh Universitas Keele di Warwick, Leicester, dan St Andrews. (ded/ded)
star Terpopuler