edukasi
Edukasi
EDUKASI Rabu, 29/03/2017 14:14 WIB

Khasiat Hebat Daun Sirsak

Khasiat Hebat Daun Sirsak Foto: Dok. commons.wikimedia.org/Damien Boilley
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa yang mengira, ternyata tumbuhan dari buah berduri yang rasanya asam manis ini memiliki sejuta manfaat sebagai obat tradisional. Tidak heran, beberapa tahun belakang ini, sirsak menjadi sangat popular seperti buah manggis. Daun sirsak ini diduga memiliki zat yang baik dan efektif untuk membunuh semua jenis sel kanker dan tumor.

Selama ini kita tahu bahwa kanker hanya bisa diobati dengan kemoterapi, operasi dan radioterapi. Namun, daun sirsak bisa membunuh sel-sel kanker lebih cepat dan aman ketimbang harus melakukan kemoterapi yang memiliki banyak efek samping dan biaya yang sangat mahal.

Prof. Soelaksono Sastrodiharjo, Ph D., menemukan beberapa senyawa aktif yang termasuk ke dalam Annonaceous acetogenin. Acetogenis merupakan senyawa yang memiliki sitotoksik. Senyawa sitotoksik adalah senyawa yang dapat bersifat toksik untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Kandungan annonaceous acetogenin dalam daun sirsak selektif sebagai senyawa sitokosik yang mampu mengobati 12 sel kanker pada manusia, di antaranya sel kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker pankreas, kanker usus, kanker hati, kanker limfoma, kanker serviks, kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker nasofaring, dan sel kanker darah yang resisten terhadap obat.

Daun sirsak ini sangat aman dan efektif secara alami, tanpa adanya efek samping seperti pada kemoterapi. Senyawa acetoginin ini berperan sebagai inhibitor sumber energi untuk pertumbuhan sel kanker. Selain annonaceous acetogenin terdapat kandungan lain pada ekstrak air daun sirsak yang berfungsi dalam menghambat pertumbuhan tumor, yaitu flavonoid, tannin, dan saponin.

Journal Of Natural Products telah memberikan kesimpulan dalam penelitiannya pada tahun 1999 dan memberikan laporan bahwa studi yang dilakukan oleh Chatolic University di korea selatan, menyatakan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam daun sirsak terdapat Graviola yang mampu membedakan dan menghancurkan sel kanker usus besar yang 10,000 lebih kuat dari Adriamycin dan Kemoterapi.

Berdasarkan penelitian tersebut bahwa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak dan produk olahannya dapat menjadi alternatif dalam pengobatan kanker. Air rebusan daun sirsak dapat menimbulkan efek panas seperti pada kemoterapi, namun air rebusan daun sirsak ini hanya membunuh sel-sel yang abnormal dan membiarkan sel-sel normal tetap tumbuh.

Jadi, bagi anda penderita kanker yang sudah mencoba berbagai macam pengobatan dan kemoterapi, tidak ada salahnya mencoba racikan daun sirsak ini karena tidak menimbulkan efek samping. Untuk pencegahan kanker anda bisa meminum rebusan daun sirsak ini 3 kali dalam seminggu. Setiap pengobatan memiliki kecocokan tersendiri bagi setiap orang. (ded/ded)
star Terpopuler