edukasi
Edukasi
EDUKASI Rabu, 08/03/2017 11:19 WIB

Ini Bilangan Prima Terbesar di Dunia

Ini Bilangan Prima Terbesar di Dunia Foto: morgueFile/cohdra
Jakarta, CNN Indonesia -- Berapa banyak bilangan prima yang kamu ketahui. Tahukah kamu baru saja ditemukan bilangan prima terbesar yang pernah ada. Jumlah digitnya ada jutaan.

Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi dengan 1 dan bilangan itu sendiri. Karena sulit menemukan bilangan prima dalam jumlah besar, biasanya kita mengenal bilangan prima yang kecil-kecil, macam 2,3,5,7, dan sebagainya.

Penemuan bilangan prima terbesar itu terjadi oleh Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS). Bilangan itu adalah M74207281. Kalau dijabarkan, bilangan ini terdiri dari 22.338.618 digit.

Dr Curtis Cooper dari Universitas Central Missouri menemukannya melalui sebuah kelas kategori khusus yang disebut bilangan prima Mersenne, terinspirasi pendeta Perancis, Marin Mersenne, yang mendedikasikan dirinya mempelajari bilangan prima pada tiga abad yang lalu.

Bilangan prima Marsenne didapat biasanya dengan mengalikan sebuah angka berpasangan dan menguranginya dengan 1. Saat ini ada 49 bilangan prima Mersenne, termasuk M74207281 itu.

Sebetulnya apa sih manfaatnya bilangan prima? Bilangan prima itu berguna untuk pembacaan sandi atau cryptanalysis. Bilangan prima bisa menjamin keamanan transaksi online seperti perbankan, termasuk chatting, dan belanja.

Lantas, bilangan prima yang digitnya sampai jutaan begitu, untuk apa? Nah, kalau sudah sebanyak itu, biasanya dipakai untuk menguji hardware komputer. Dengan menggunakan bilangan prima, bisa ditemukan kalau ada permasalahan khusus dalam prosesor komputer. (ded/ded)
star Terpopuler