edukasi
Edukasi
EDUKASI Senin, 13/02/2017 12:56 WIB

10 Bahasa Paling Banyak Dituturkan di Dunia

10 Bahasa Paling Banyak Dituturkan di Dunia Ilustrasi Foto: CNN Indonesia/Reuters/Michael Palis
Jakarta, CNN Indonesia -- Di dunia ini ada banyak sekali bahasa yang dipakai penduduknya. Tapi setidaknya ada 10 bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Bahasa apa saja?
 
1. China

Ini masuk akal. Sebab ahli bahasa menyebutkan, bahasa China dituturkan oleh hampir 1,2 miliar orang dengan berbagai dialek dan asal. Penduduk China memang terbesar di dunia kan? Di sisi lain, keturunan China juga banyak bermigrasi ke negara-negara lain. Kalau kamu ingin belajar bahasa ini, satu dari enam orang di dunia akan membantumu.

2. Spanyol

Jika kita hanya melihat penutur asli, bahasa Spanyol memiliki sekitar 400 juta penutur. Banyak negara lho yang memakai bahasa ini sebagai bahasa sehari-hari.
 
3. Bahasa Inggris

Bahasa ini memiliki 360 juta penutur asli bahasa Inggris atau setengah miliar yang berbicara sebagai bahasa kedua. Hal ini menunjukan bahwa bahasa ini menjadi bahasa yang membantu dalam bisnis, wisata dan hubungan internasional.
 
4. Hindi

India memiliki 23 bahasa resmi, dengan kepala Hindi/Urdu. Apakah Hindi atau Urdu adalah satu bahasa dan disebut Hindustani, atau keduanya sebetulnya adalah dialek, masih jadi perdebatan. Terutama di India utara dan sebagian Pakistan, Hindi menggunakan naskah devnagri, sementara Urdu menggunakan notasi Persia.

5. Arab

Baru-baru ini bahasa Arab ditempatkan sekitar 250 juta penutur asli. Arab standar modern, dalam penulisan terkait erat dengan Arab klasik dari Quran. Namun, dalam pengucapan bahasa Arab katakanlah, Oman dan Maroko, begitu berbeda sehingga beberapa profesor filsafat dari negara-negara ini mungkin bisa mendiskusikan poin-poin penting dari teks-teks kuno.
 
6. Portugis

Dimulai pada abad ke-15, pedagang Portugis dan penakluk membawa bahasa mereka ke Afrika, Asia dan Amerika. Penyebaran bahasa Portugis semula mungkin terkait kolonisasi Eropa, tetapi negara-negara terjajah mengembangkan budaya hidup mereka sendiri yang mengubah bahasa ini selamanya. Portugis diucapkan oleh 215 juta penutur asli di negara-negara seperti Brazil, Goa, Angola, Mozambik, Cape Verde, Guinea-Bisseau, Sao Tome dan Principe, dan Macau. Bahasa ini juga jadi akar untuk bahasa Machado de Assis, Bossa Nova, Mia Couto, Fernando Pessoa, dan Agualusa.
 
7. Bengali
 
Ini adalah bahasa Kalkuta, Kepulauan Andaman, dan dari 170 juta orang Bangladesh.

8. Rusia
 
Dengan sekitar 170 juta penutur asli pada 2010, Rusia termasuk bahasa yang paling banyak diucapkan di dunia. Terkenal karena tata bahasa ajaib dan naskah Cyrillic cukup indah, tetapi juga salah satu dari enam bahasa yang digunakan di PBB, dan menghasilkan orang-orang seperti Dostoyevsky, Nabokov, Chekhov, Goyal, Tolstoy dan Pushkin.
 
9. Jepang

Hampir sekitar 130 juta penutur asli Jepang tinggal di Jepang. Jepang memiliki dua sistem yang berbeda dalam menulis, hirogana dan katakana, serta membuat ekstensif menggunakan karakter kanji China. Kelompok terbesar yang tinggal di luar Jepang dapat ditemukan di AS, Filipina, dan Brasil.
 
10. Punjabi / Lahnda

Dengan berbagai perkiraan sekitar 100 juta penutur asli bahasa ini. (ded/ded)
star Terpopuler
Artikel Terkait