edukasi
Edukasi
EDUKASI Jumat, 12/08/2016 13:22 WIB

Tentang Hari Remaja Internasional

Tentang Hari Remaja Internasional Ilustrasi (CNN Indonesia/ANTARA FOTO/Rahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap tanggal 12 Agustus dunia memperingati Hari Remaja Internasional. Hari peringatan ini pertama kali dicetuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 1998.

Ide ini didasari pemikirin pentingnya ada satu hari khusus yang dijadikan sebagai hari untuk merayakan hal-hal terkait remaja. Selain perayaan, hari peringatan khusus ini juga diharapkan menjadi ajang berbagi informasi dan edukasi terkait dunia remaja secara bersama-sama di seluruh dunia.

Seperti yang kita tahu dunia remaja adalah masa yang belum stabil bagi perkembangan seorang manusia. Maka perlu ada hari khusus untuk terus-menerus mengingatkan masyarakat terkait edukasi bagi para remaja agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

International Youth Day pertama diperingati pada 2000. Peringatan tahunan ini selalu mengangkat tema yang berbeda mulai dari kesehatan, pendidikan, kemiskinan, dan lain-lain. Semua tema berganti disesuaikan dengan kondisi remaja saat itu.

Tahun lalu International Youth Day mengambil tema Youth Civic Engagement. Tema ini diangkat bertujuan untuk meningkatkan partisipasi remaja di masyarakat. Agar remaja memiliki tempat dan porsi yang tepat di berbagai bidang kemasyarakatan seperti ekonomi, politik, dan budaya.

Sedangkan tahun ini temanya adalah: The Road to 2030: Eradicating Poverty and Achieving Sustainable Consumption and Production. (ded/ded)
star Terpopuler