edukasi
Edukasi
EDUKASI Selasa, 03/05/2016 09:05 WIB

Bagaimana Melihat dalam Kegelapan?

Bagaimana Melihat dalam Kegelapan? Ilustrasi (WikiImages/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi teman-teman yang tertarik dalam dunia militer, tentu pernah memperhatikan peralatan perang tentara. Di antara peralatan tersebut, ada sebuah teropong yang berfungsi untuk memungkinkan seseorang melihat dalam keadaan gelap.

Peralatan tersebut bernama night vision. Bagaimana night vision dapat menangkap obyek dalam keadaan gelap?

Mata manusia, dapat menangkap berbagai spektrum cahaya. Ketika matahari terbenam, cahaya berkurang, sehingga mata kita kehilangan pandangan dengan cepat. Obyek yang nampak dalam keadaan gelap, terlihat memudar dan kabur. Hingga keadaan gelap total, mata kita seperti tidak berfungsi atau gelap gulita.

Teknologi night vision diciptakan untuk membantu manusia melihat obyek dalam keadaan kurang cahaya. Bagaimana alat ini bekerja?

Perangkat ini memiliki 2 prinsip kerja. Pertama, night vision memperkuat gambar. Alat ini bekerja mengumpulkan cahaya kecil dan juga spektrum infra merah, kemudian diperkuat pada obyek, hingga dapat dilihat dengan mudah. Kumpulan cahaya minim dan inframerah ini tidak dapat ditangkap oleh mata telanjang.

Cara kerja kedua, night vision menangkap thermal imaging. Thermal imaging adalah obyek yang terlihat memancarkan sinar infra merah. Sinar infra merah tersebut, muncul pada setiap obyek yang memiliki energi, seperti panas tubuh. Sinar infra merah yang muncul membentuk obyek yang mudah dikenali.

Alat ini merupakan peralatan penting bagi tentara yang sedang bergeriliya. Tetapi kamu bisa kok ikut merasakan menggunakan teknologi seperti itu, cukup dengan smartphone.

Caranya, coba instal salah satu aplikasi yang memungkinkan kamera smarphone berfungsi layaknya night vision. Coba deh, dan lihat apa saja yang dapat kamu tangkap dalam keadaan gelap. (ded/ded)
star Terpopuler