edukasi
Edukasi
EDUKASI Selasa, 05/01/2016 10:16 WIB

Getuk Kembali Naik Daun di Instagram

Getuk Kembali Naik Daun di Instagram Getuk Cantik (CNN Indonesia/Vega Probo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Getuk adalah cemilan berbahan dasar singkong yang seringkali dimakan dengan parutan kelapa di atasnya. Makanan tersebut adalah makanan asli Indonesia yang mungkin bagi anak muda saat ini, banyak yang tidak mengetahui tentang Getuk. Getuk merupakan makanan yang masih mudah kita jumpai di pelosok pulau Jawa.

Getuk biasanya dapat kita jumpai di pasar – pasar atau orang – orang biasa menjajakannya dengan menggunakan gerobak dorong yang dilengkapi dengan musik dangdut untuk menarik pembeli. Keunikan tersebut yang membuat orang tertarik untuk membeli atau sekedar mencicipi makanan khas asli Indonesia ini.

Getuk juga memiliki kandungan gizi yang baik, Getuk kaya akan gizi karena komposisi bahan dan pembuatannya yang alami. Getuk mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Makanan yang tinggi serat akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu pencernaan. Oleh karena itu tidak diragukan lagi gizi dan manfaat dari mengkonsumsi Getuk.

Belum lama ini, Getuk yang mulai dilupakan, kembali diangkat namanya oleh akun media instagram @jajanbanget.
@jajanbanget adalah sebuah akun instagram yang menampilkan makana-makanan asli Indonesia dengan mengusung tema jajan banget, jajan makanan Indonesia. Akun tersebut dibuat untuk memberikan informasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap makanan asli Indonesia. Selama berjalannya akun ini dalam kurun waktu satu bulan, akun ini telah membuat event dengan meng-highlight “Getuk” sebagai main event tersebut.

Pembuat akun tersebut menerangkan bahwa ia ingin meningkatkan kepedulian masyarakat terutama kepada anak muda agar tidak melupakan makanan dengan berbahan dasar singkong itu. Event tersebut berhasil mendapat antusiasme dari masyarakat. Karena dalam event tersebut, jajan banget membuat kompetisi selfie terbaik dengan getuk yang mereka namai “snap your getuk”.

Pemenang dari event tersebut adalah Merry (20) dari Bandar Lampung dengan akun instagramnya @merrydps. Merry berhasil mendapatkan hadiah utama dari event ini karena menurut pembuat event tersebut, foto selfie yang Merry unggah ke instagramnya mempunyai kriteria pemenang terbaik yaitu foto yang unik. Lalu untuk pemenang favorit, pemenangnya adalah Bima Gusti Anggaraa (23) dari Malang dengan akun instagramnya @bimmaauthis. Bima berhasil mendapatkan hadiah favorit yaitu pulsa senilai 100 ribu rupiah karena foto selfie yang diunggah oleh Bima ke akun instagramnya mempunyai kriteria dengan likers terbanyak.

Event tersebut berhasil meningkatkan antusiasme terutama kepada anak muda Indonesia untuk lebih mencintai jajanan asli Indonesia. Pemilik akun tersebut yang juga merupakan anak muda, ingin membuat jajanan asli Indonesia ini diminati kembali, karena yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa nama “Getuk” sudah mulai pudar di telinga masyarakat.
(std/std)
star Terpopuler