inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Senin, 20/03/2017 15:38 WIB

Cita-Cita Hasyim Muzadi

Cita-Cita Hasyim Muzadi Foto: ANTARA FOTO/HO/Suwandy
Jakarta, CNN Indonesia -- Beliau, salah satu tokoh Guru Bangsa, telah mangkat, KH Hasyim Muzadi (1944-2017). Salah satu tokoh Islam Utama negeri ini. Indonesia teramat berduka atas kepergiannya, Indonesia kehilangan lagi putra terbaiknya. Namun sesungguhnya ada yang tak pernah hilang bagi Indonesia. Cahaya iman pemikirannya, tetap ada bagi anak-anak bangsa di ruang-ruang pendidikan nasionalis Islam.

KH Hasyim Muzadi, berwawasan terbuka, semangatnya dan keteguhannya pada keyakinan cita-citanya, pada ranah nasionalisme persaudaraan, bersama membangun negeri kebinekaan bangsanya, humanis menyikapi perkembangan pemikiran pendidikan, meluaskan pemahaman kebangsaan, sebagai tokoh modernis Islam, nasionalis sejati, menjalin kesadaran kesetaraan bersama bangsa lain di fokus lintas agama. Kagum.

Hingga beliau dan Hassan Wirajuda, mantan Menteri Luar Negeri RI ke-15. Membentuk International Conference of Islamic Scholars (ICIS). Bukti kejernihan pemikirannya seluas langit Ilahiah di ranah humanisme, sebagai sarana komunikasi multi kultur lintas negara dan agama dengan dunia Islam Indonesia, pasca tragedi World Trade Center, 11 November 2001. Hal itu didasari oleh keteguhan imannya dan rasa cintanya pada Indonesia dan Pancasila.

Pembentukan ICIS, setelah 12 tahun beliau mengembangkan pemikiran beningnya bagi dunia pendidikan modern Indonesia Islam. Mendirikan lembaga pendidikan Al-Hikam, Maret 1992, di Lowokwaru, Malang, Jawa Timur. Sebuah Lembaga pendidikan, telah melahirkan para santri berwawasan religi dan ilmu pengetahuan modern, memberi dasar-dasar pelajaran moral sebagai identitas berbangsa dan bernegara, setara perguruan tinggi.

Namun sesunguhnya, beliau tak pernah pergi, beliau senantiasa ada di kenangan daya didiknya, daya bening pemikirannya, sumbangsihnya bagi pemikiran pendidikan kebangsaan dalam bernegara, terutama bagi dunia Islam dan ilmu pengetahuan, bagi bangsanya, Indonesia.

Adik dan Kakak di CNN Student Indonesia. Marilah memanjatkan doa terbaik pada Tuhan Yang Maha Esa, untuk KH Hasyim Muzadi, salah satu tokoh Guru Bangsa negeri ini. Semoga surga terbaik baginya, bersama pahlawan Indonesia pendahulunya. Salam Indonesia Unit. (Sumber: CNN Indonesia). (ded/ded)
star Terpopuler