inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Rabu, 08/02/2017 11:27 WIB

Air Bagi Semua Bangsa

Air Bagi Semua Bangsa Foto: CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepada Ananda di semua benua. Berbakti pada orangtua hal utama bagi suatu perjalanan kehidupan. Berbaikan pada sesama suri tauladan perjalanan utama bagi tugas kehidupan. Menghargai arti hidup, memahami sesama, tugas berikutnya menuju pelajaran kebaikan dan berikutnya lagi mencintai keyakinan dengan kesungguhan pemahaman mutlak bagi semua bangsa.

Kehormatan adalah tanda tanya, ketika sulit atau enggan memahami sesama semisal di antara persahabatan, bukan suatu persaingan antara materi, akan tetapi kesepahaman kelanjutan kehidupan bersama di planet bumi ini. Mungkin salah satu dari hal kebaikan memberi senyuman murni pada sesama bangsa atau bangsa lain. Lebih baik menghindari kata tak santun ketika arus informasi deras memprovokasi.

Alangkah indahnya bersekolah menuju pendidikan lebih tinggi dan lebih tinggi lagi, itu sebabnya diperlukan kontrol perilaku pada sesama. Jangan mudah marah atau tersinggung ketika kata seakan nasihat datang dari kawan dalam lingkar ranah warna positif.

Jika bernada super negatif tak santun, atau sejenis negatif lainnya memaki atau menghujat, sebaiknya segera memberi jarak, plus ketika hoax atau hal tak terfaktakan, bersifat negatif atau sesuatu bukan kebaikan di kebenaran. Hapus. Segera hilangkan dari telepon selulermu tak perlu deh ya sepertinya dibaca hingga selesai.

Ada sebuah kabar dalam kata sebening air terjun pegunungan, terlihat ada manfaat dapat dipetik kebaikan dan kebenaran di tengah bisingan suara air terjun itu, mengaliri menuju sungai-sungai besar, membelok atau melingkar ataupun lurus saja ke tujuan kehidupan tetumbuhan padi di sawah, pohon di kebun-kebun, huma-huma di lereng-lereng bukit, ke danau-danau, menguap menuju langit menjadi partikel air.

Menggumpal menjadi awan hujan bagi semua kehidupan di bumi. Mengembangkan oksigen di semua kehidupan di Jagad Raya ini. Kesegaran air menjadi milik alam untuk kelangsungan hidup para makhluk planet bumi di manapun. Tak berjarak lagi antara kehidupan alam dan kehidupan makhluk. Berkat air di alam dan di badan memberi pembagian cernaan kesehatan jasmani dan rohani.

Menjaga keseimbangan kelestarian ekosistem di manapun hal utama untuk keberadaban lingkungan, merupakan keramahan pada kosmos di dalam diri.

Ada pepatah negeri timur mengatakan bahwa ruh dan badan kosmos kecil dari alam semesta. Benar adanya ketika seluruh organ mampu mengolah oksigen cukup saja. Maka keadaan jasmani akan sehat, ada bersama ruh kehidupan kesehatan.

Adik dan Kakak tersayang. Daku yakin dikau telah memahami keadaan kebaikan di kebenaran berkat bimbingan Bunda dan Ayah, sahabat dan guru-gurumu. Terus belajar jangan pernah berhenti mencapai tujuanmu di cita-citamu. Mengapa?

Jika satu anak Indonesia mampu menyelesaikan pendidikannya, lalu mengajarkan pengetahuannya pada satu anak Indonesia lainnya saudaramu sebangsa dan setanah air, belum mampu bersekolah karena satu dan lain hal.

Berkat dirimu, satu anak Indonesia, ikhlas memberi pengajaran pengetahuan. Alangkah bahagianya negerimu Indonesia, maka akan ada lebih banyak lagi anak Indonesia berpendidikan dan berpengetahuan sepertimu.

Bersama meraih cita-cita kebangsaan, saling belajar menuju benua bangsa-bangsa lain. Salam Indonesia perduli pada sesama. (ded/ded)
star Terpopuler