inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Kamis, 02/02/2017 13:46 WIB

Setop Membandingkan Dirimu dan Orang Lain

Setop Membandingkan Dirimu dan Orang Lain Foto: Shelley_Shang/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemenang membandingkan prestasi mereka dengan tujuan mereka sedangkan pecundang membandingkan prestasi mereka dengan orang-orang lain. begitu kata Nido Qubein, seorang pebisnis dan motivator.
 
Mungkin kita sering menjadi seorang pecundang seperti yang dikatakan Qubein. Membandingkan mungkin sudah menjadi bagian integral dari masyarakat kita.

Bahkan terkadang para orangtua pun membandingkan anaknya dengan anak lain. Mengapa membandingkan diri kita dengan orang lain merupakan hal yang penting? Padahal hal itu merupakan salah satu sumber kecemasan.

Inilah beberapa hal mengapa kamu tidak perlu membandingkan diri kamu dengan orang lain:

1. Meremehkan diri sendiri

Membandingkan diri dengan orang lain akan melecehkan diri kamu sendiri. Dan mungkin kamu merupakan orang yang kurang percaya diri.

2. Karena tidak ada yang sempurna

Kamu memang tidak akan menjadi baik dalam segala hal. Jadi mengapa harus membebani diri sendiri? Cobalah menikmati “ketidaksempurnaanmu”. Percayalah itu akan lebih melegakan daripada mencoba untuk menjadi sempurna. Jadikanlah hal itu kesempatan untuk belajar dan membebaskan diri.

3. Perbandingan menyebabkan kebencian

Apakah kamu pernah kehilangan seorang teman yang baik karena kecemburuan dan kebencian kepadanya. Akar kecemburuan terletak pada kebiasaan kita membandingkan diri kita dengan teman-teman kita. Jika kita menjalani kehidupan kita sendiri dan membiarkan mereka hidup sendiri tanpa intervensi dan membandingkan, hubungan akan berlangsung seumur hidup dan kebencian akan mati.

4. Mengalihkan kita dari hasrat sejati

Perbandingan memaksa kita untuk melihat kehidupan kita dari lensa orang lain. Kamu mungkin pandai menulis tapi kamu ingin mengejar menari karena ada orang lain yang melakukannya. Kamu membandingkan kelemahan dengan kekuatan orang lain dan mendarat dalam jurang kesulitan. Kita gagal untuk memahami panggilan sejati kita dalam hidup karena kita sibuk dalam bekerja pada mimpi orang lain. (ded/ded)
star Terpopuler