inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Jumat, 06/01/2017 12:02 WIB

3 Cara Menemukan Bakatmu menuju Sukses

3 Cara Menemukan Bakatmu menuju Sukses Foto: Dok. Istimewa
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada yang galau mau sukses tapi tidak tahu bakat apa yang dia punya, coba ini gagal, coba itu gagal. Sehingga membuat kamu resah dan menganggap apa tujuan hidup saya di dunia ini. Nah bagi kamu yang belum tahu di mana kekuatan bakatmu, ini cara-cara yang bisa membantu kamu untuk lebih percaya diri dalam menemukan bakatmu.

1. Pikirkan dan Tanya pada dirimu

Coba pergi ke kamar kamu, baringkan tubuhmu di atas kasur sambil menatap langit-langit kamar. Di situ kamu pikirkan apa yang buat saya bisa sukses dan apa bakat saya? Tuhan pasti menciptakan manusia dengan kelebihan yang melekat pada diri setiap orang termasuk kamu.

Bakat juga bisa datang dari hobi yang kamu suka, jika kamu suka nyanyi dan bersuara merdu. Itu bakat kamu dalam dunia tarik suara dan semoga saja kamu bisa menjadi penyanyi profesional.

Jiwa manusia sudah diberi satu kelebihan yang dijadikan sebagai langkah kamu untuk bisa mengejar kesuksesan bahkan lebih dari satu. Manfaatkan bakatmu dengan sebaik-baiknya, lakukan dengan keseriusan karena cuma hal itu yang bisa mengantarkan kamu menaiki tangga keberhasilan.

2. Tanyakan pada kerabat dan keluarga

Dengan orang-orang terdekat, kamu bisa tahu apa bakat yang kamu punya dan minta pendapat mereka baik pujian ataupun kritikan. Kalau kamu jago melukis kamu bisa memamerkannya kepada teman atau keluargamu, apa pendapat mereka tentang gambar yang kamu buat. Kalau bagus berarti itu langkah awal untuk menonjolkan bakatmu. Jadi jangan takut untuk tanyakan tentang bakatmu yah.

3. Lihat sejarah prestasi kehidupanmu

Coba kamu lihat dari hal-hal yang pernah dilakukan semasa di sekolah, mungkin kamu dulu pernah juara lomba pidato, terbaik dalam bidang seni. Itulah bakat kamu yang kini sempat dilupakan seiring bertambahnya umur dan berkembangnya pergaulan, tanpa kamu sadari bakat-bakat kecil yang kamu punya bisa membawa jati diri kamu meningkat jauh lebih baik. Bakat tersebut belum tentu bisa dimiliki teman-teman kamu atau orang lain.

Temukanlah bakat yang melekat pada dirimu dan berjalanlah sesuai dengan kekuatan kamu. Maka masa depan kamu telah ditemukan. Yah, dengan cara yang sederhana ini mudah-mudahan dapat menemukan bakat kamu secara pelan-pelan.

Ini juga dirasakan oleh saya sendiri. Saya mencari bakat itu pusingnya berampun-ampun. Berbagai hal dicoba tapi semuanya tidak cocok, tapi tiada kata henti untuk berusaha mencari karena itu adalah modal untuk masa depan nanti. Akhirnya saya bisa menemukan kekuatan bakat saya. (ded/ded)
star Terpopuler