inspirasi
Inspirasi
INSPIRASI Jumat, 06/01/2017 10:58 WIB

Kisah di Balik Segarnya Minuman Es Tebu

Kisah di Balik Segarnya Minuman Es Tebu Ilustrasi pohon tebu (CNN Indonesia/ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apakah kalian mengetahui minuman es tebu? Es tebu adalah minuman olahan dari tumbuhan tebu yang digiling dengan mesin penggiling tebu. Salah satu penjual es tebu yang saya ketahui adalah Pak Adi. Bapak ini lahir di Jakarta, 12 Februari 1976.

Sudah 15 tahun lamanya ia berdagang minuman es tebu di Jelambar, Jakarta Barat. Bapak berusia 40 tahun ini sangat senang saat berdagang es tebu. Alasan ia menyenangi pekerjaannya karena orang-orang akan memiliki tubuh yang sehat dan segar setelah meminum es tebu ini.

Di balik rasa minuman es tebu yang manis dan sangat khas ternyata memiliki segudang manfaat. Minuman ini mengandung berbagai jenis bahan yang sangat alami dan bahkan kita tidak perlu menambahkan gula untuk mendapatkan rasa manis. Beberapa manfaatnya adalah meningkatkan pasokan energi tubuh, aman untuk penderita diabetes, melawan kanker, melawan dehidrasi, menurunkan resiko penyakit ginjal, mencegah penyakit infeksi lambung, mencegah kerusakan gigi, mengatasi masalah kesehatan kuku, menjaga kesehatan tubuh, dan juga menjaga kecantikan kulit.

Sebelum berdagang es tebu, ia sempat menjadi seorang karyawan di salah satu perusahaan di Jakarta. Setelah melewati masa-masanya sebagai karyawan, ia memutuskan untuk keluar dan menjadi seorang wirausahawan. “Menurut saya, berwirausaha itu jauh lebih enak daripada jadi seorang karyawan yang selalu berada di bawah aturan atasan,” ujar Pak Adi.

Beliau bercerita bagaimana awalnya ia menjadi seorang wirausahawan dan berdagang es tebu dari melihat keadaan sekitar lingkungan rumahnya. Terlintaslah di pikirannya untuk berdagang es tebu karena tumbuhan tebu memiliki banyak khasiat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Gaya berpakaian Pak Adi terbilang cukup sederhana saat berdagang. Dengan berpakaian kaos, celana, sendal, dan handuk kecil yang dikalungkan di lehernya. Ia lebih senang memakai pakaian yang membuatnya nyaman dan santai. Hal itu menjadikan ciri khas bagi dirinya saat berdagang es tebu.

Motivasi setiap ia berdagang adalah beliau ingin kebutuhan keluarganya bisa terpenuhi dengan baik, setiap harinya akan menemukan hal yang baru yang bisa dipelajari, dan juga hal-hal yang membuatnya selalu berpikir positif. Dengan demikian, ia mempunyai cara tersendiri dalam berdagang. Caranya adalah dengan selalu membuat es tebu yang segar dan ramah kepada setiap pembeli. Ternyata cara ini sangat efektif baginya dalam berdagang es tebu.

Kehidupan sehari-harinya dihabiskan di tempat ia berjualan es tebu. Mulai dari jam 10.00 – 21.00 WIB adalah waktu bagi Pak Adi berjualan. Walaupun rasa letih dirasakannya, ia berusaha untuk tetap berjualan demi mencari nafkah lebih bermanfaat daripada melakukan hal-hal yang tidak berguna. Keringatnya yang mengucur menandakan bahwa ia bersungguh-sungguh dalam berdagang es tebu. Sehingga, penghasilannya akan menjadi berkah dan halal.

Selain itu, bapak beranak 3 ini berkata bahwa beragam macam suka dan duka yang ia alami selama berdagang es tebu. Sukanya adalah di saat musim panas banyak orang-orang yang membeli minuman es tebunya. Dukanya adalah di saat musim panas dan hujan pasti ia rasakan risikonya karena ia berdagang di pinggir jalan dan bukan di kios. Semua ia lewati karena itu sudah menjadi tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga.

Kini selain sebagai wirausahawan hebat Pak Adi juga aktif dalam kehidupan bermasyarakat yakni menjadi ketua RT di lingkungan rumahnya. Diakui olehnya bahwa menjadi pedagang es tebu dan ketua RT tidaklah mudah, tetapi ia tetap berusaha melakukan segala cara agar keduanya berjalan dengan baik. Bahkan, beberapa warganya juga membeli es tebunya. Hal itu membuatnya semakin dekat dengan para warganya.

Di balik itu semua ternyata Pak Adi berusaha keras untuk membayar biaya kuliah anak pertamanya. Walaupun penghasilannya tidak seberapa, tetapi dengan adanya keyakinan yang kuat dalam dirinya agar anaknya kelak sukses di masa depan. Di saat penghasilannya berkurang ketika musim hujan tiba, ia tetap berdagang es tebu di bawah derasnya hujan dan teriknya sinar matahari ketika musim panas tiba. Semua itu ia lakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk keluarganya. Sikap optimis dan niat dari dalam dirinya patut diacungi jempol.

Harapan beliau untuk para pemuda yang takut untuk terjun berwirausaha telah memberikan sebuah pencerahan bagi yang mendengar. Bahwa berwirausaha salah satu peluang yang bagus untuk menjadi orang sukses.

Berwirausaha mengajarkan kita bagaimana mengelola semuanya dengan baik dan teratur. Oleh karena itu, setiap harinya kita akan mendapatkan pelajaran yang baru dan belum tentu didapatkan di manapun. Kunci kesuksesan adalah berasal dari diri kita sendiri yang menginginkan untuk maju dan terus berinovasi di manapun kita berada. (ded/ded)
star Terpopuler